DWP Kemenag Temanggung Ikuti Webinar Nasional

Temanggung – Ketua DWP Persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Purwi Ahmad Muhdzir bersama beberapa pengurus mengikuti webinar nasional yang diselenggarakan DWP Kemenag RI dengan tema “Membangun Pola Komunikasi yang Efektif dan Menyenangkan antara Orang Tua dan Anak melalui virtual zoom bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Temanggung, Rabu (3/3).

Pada pembukaan Webinar, Eny Yaqut Cholil Qoumas selaku Penasehat  DWP Kemenag RI menganalogikan komunikasi dengan orchid bloom, yaitu bunga anggrek yang sedang mekar, dimana setiap anggrek yang mekar akan sangat unik tidak akan sama coraknya satu dengan yang yang lain, begitu pun anak dilahirkan sangat unik maka cara berkomunikasi dengan setiap anak akan sangat berbeda.

“Beliau juga menyampaikan bahwa anggrek yang mekar terlihat sederhana tapi juga memiliki langkah perawatan yang rumit, begitupun cara komunikasi pada anak yang terlihat sebagai kegiatan sehari-hari yang sederhana namun juga sulit dan rumit untuk mencapai tujuan komunikasi kepada anak,” ujarnya.

Sementara narasumber Elly Risman menyampaikan tentang 12 kesalahan gaya pendidikan populer dan juga meminta seluruh peserta untuk menemukan alternatif sesuai kondisi peserta. 12 kesalahan populer dalam pendidikan itu adalah memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap/label, mengancam, menasehati, membohongi, menghibur, mengkeritik, menyindir dan menganalisa.

“Dalam mendidik anak kita harus bahagia dulu. Ayah sangat berperan dalam mendidik anak, jangan hanya ibu yang berperan di rumah. Koreksi perasaan kita, perasaan pasangan dan perasaan anak. Jangan sampai kita seperti anak kecil yang merawat anak kecil. Belajar untuk memaafkan, belajar untuk cooling down / menenangkan hati ketika ingin marah, dan yang paling penting batasi gadget untuk anak.” Urai Elly.

Seusai Webinar, Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Purwi Ahmad Muhdzir sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh dari materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Disebutkan oleh narasumber bahwa pada dasarnya keberhasilan membangun keluarga dan mendidik anak adalah hubungan yang harmonis dari ayah dan ibunya, berusahalah untuk selalu membangun komunikasi yang baik terhadap pasangan dan anak anak.” pungkasnya.(sr/bd)