Jamin Kualitas dan Standar Kompetensi Lulusan Lewat Ujian Madrasah

Ungaran – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Mohamad Solichin melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian madrasah tingkat Aliyah di Madrsah Aliyah (MA) Al Manar Tengaran, Senin (15/3).

Dalam kegiatan tersebut, Nurudin menyempatkan diri mengecek langsung kegiatan ujian ke tiap-tiap ruangan sekaligus mengecek penerapan protokol kesehatan oleh siswa, guru dan pegawai madrasah selama pelaksanaan ujian.

Nurudin menyampaikan bahwa ujian madrasah tahun ini dilaksanakan dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah yang meniadakan Ujian Nasional (UN) tahun ini.

“Hasil ujian madrasah inilah yang nantinya akan digabung dengan penilaian harian, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun untuk kemudian sebagai komponen dalam penentuan kelulusan siswa,” terangnya.

Nurudin juga memastikan bahwa standarisasi kelulusan siswa tahun ini mutlak dikembalikan ke madrasah masing-masing tanpa campur tangan pihak-pihak lain. Karenanya, dirinya berpesan kepada semua madrasah yang menyelenggarakan ujian untuk bisa memaksimalkan peran sebagai pengambil kebijakan dengan sebaik-baiknya.

“Intinya usahakan semua berjalan sesuai koridor yang ada. Jadi tidak ada penyalahgunaan wewenang dan sebagainya dalam kelulusan siswa tahun ini,” pungkasnya. shl