Kabag TU Buka Rakor Bimas Katolik se-Jateng

Magelang (Humas) – Dalam upaya penjabaran dan pelaksanaan program anggaran Bimas Katolik, Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Bimas Katolik se-Jateng Tahun 2021. Kegiatan ini diikuti oleh  44 peserta, terdiri dari Penyelenggara Bimas Katolik, Pelaksana, Penyuluh dan Pramubhakti Katolik Kab/Kota, yang bertempat di Hotel Trio Magelang, Senin, (29/3).

Rapat koordinasi dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Fajar Adhy Nugroho yang didampingi Pembimas Katolik, Kariyanto. Dalam sambutan pembukaannya, Fajar menerangkan tujuan Rakor yakni menyamakan persepsi terkait dengan kebijakan pelaksanaan program dan anggaran Bimas Katolik  agar dapat memenuhi kebutuhan layanan masyarakat.

“Rapat koordinasi ini sebagai wadah dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah pusat. Agar program dan anggaran terlaksana terlaksana dengan baik dan Bimas Katolik dapat menjalankan fungsi-fungsi pelayanan kepada umatnya dan masyarakat,” terang Fajar.

“Dalam forum ini juga perlunya membuat kesepakatan dalam menyusun program anggaran dan kegiatan yang sekiranya berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kariyanto menyampaikan target serapan Bimas Katolik tahun ini sebesar 98%, sehingga kegiatan ini diadakan salah satunya untuk membahas perlunya strategi dalam pengelolaan program, anggaran dan kegiatan pada masing- masing Kab/Kota.

“Untuk mencapai target serapan anggaran, kita perlu menyusun strategi, merencanakan anggaran dengan sebaik-baiknya dan melaksanakan sesuai dengan aturan,” tutur Kariyanto.

Harapannya kegiatan rakor ini menghasilkan program kerja yg bermanfaat dan bisa dirasakan oleh masyarakat umumnya dan masyarakat katolik khususnya. Anggaran yang terbatas dioptimalkan dengan membuat perencanaan kegiatan yang baik dan berkualitas.(ad/Sua)