Kankemenag Apresiasi Percepatan Realisasi Center Data

Wonosobo – Bagai kisah Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa yang dalam waktu semalam dapat membangun 1000 candi, Kankemenag Kab. Wonosobo dalam waktu semalam menyulap ruang Arsip yang terbengkalai untuk dimanfaatkan menjadi ruang center data sedemikian rupa. Percepatan Realisasi Center data tersebut lantas mendapat Apresiasi dari Kankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid yang menyampaikan dengan keberadaan Center data tersebut dapat digunakan sebagai media penyimpanan server, manajemen dan pengelolaan, “ data center atau pusat data dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data, manajemen dan pengelolaan hingga penyebaran data dan informasi yang diakses melalui jaringan internet. Saya apresiasi kepada tim yang sudah bersungguh-sungguh membuat ruang center data,” ungkap Ahmad Farid disela Apel hari Senin, (22/3).
Ahmad Farid menambahkan, harapannya dengan sudah dibuatnya ruang center Data ada upaya pengembangan yang maksimal termasuk pengumpulan maupun pengelolaan data yang dibutuhkan secara update dan berkala, “ruangan sudah jadi dan bisa digunakan sebagaimana mestinya, saya berpesan terkait dengan pengelolaan data maupun pengumpulan dapat dioptimalkan, jadi jika sewaktu-waktu ada permohonan data yang mencangkup satker maupun unit kerja Kankemenag data tersebut sudah ada dan update,” terangnya.
Pihaknya juga meginstuksikan kepada tim Center data untuk kerjasama lintas sektoral dalam waktu dekat kaitannya dengan data yang dibutuhkan baik sinergi dengan BPS Kab. Wonosobo, Pengadilan Agama, Maupun sektor lainnya.
Menanggapi hal tersebut, Humas Kankemenag Kab. Wonosobo Pasa Adi Nugraha menyampaikan untuk pengelolaan center data masih dibutuhkan beberapa perangkat pendukung, “masih ada beberapa perangkat yang dibutukan untuk pendukung pemaksimalan center data diantaranya seperti seperangkat PC atau Komputer,”ungkap Pasa Adi Nugraha,
Pihaknya menambahkan selain beberapa perangkat pendukung yang dibutuhkan pihaknya juga membutuhkan dukungan dari SDM yang ada, Pasa mengatakan jika satu orang harus merangkap keseluruhan maka pemaksimalan dirasa hanya tujuan akhir yang tidak akan tercapai, “kami sudah sampaikan ke Bapak Ahmad Farid terkait dukungan SDM pengelola Center Data, dan insyaallh akan segera dibahas dalam rapat pimpinan,” imbuh Pasa.
Ruang center data tersebut terdiri atas dua ruangan yaitu ruang dalam sebagai ruang kinerja atau produksi sementara ruang luar wajah dari ruang tersebut digunakan sebagai media center atau press conference yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat siaran pers atau jumpa pers. Ps-ws/qq