Kasi PAIS Kemenag Wonosobo Jalin Koordinasi dengan Pemda Wonosobo

Wonosobo – Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo jalin koordinasi dengan Pemda Wonosobo. Koordinasi antara Kasi Pais dengan Kasi Kesra Setda Wonosobo tersebut berlangsung pada Jumat, (5/3) di ruangan Kasi Kesra Setda Wonosobo.

Fakih Khusni selaku Kepala Seksi PAIS menyampaikan, Koordinasi dilakukan secara massif terkait Pendidikan Agam Islam di Sekolah umum maupun Madrasah. Terlebih Indonesia yang berlatarbelakang majemuk penting untuk menanamkan moderasi beragama bagi peserta didik.

“Koordinasi terus kita gencarkan agar dukungan dari berbagai lintas sektoral terus mengalir. Terlebih Melihat Latar Belakang Indonesia yang Majemuk sering kali perbedaan menjadi potensi intoleransi. Keberadaan Pendidikan Agama harus mampu menanamkan nilai-nilai kebaikan, toleransi terhadap perbedaan dan Moderasi beragama bagi Peserta didik SMP maupun SMA dirasa sangat penting,” ungkap Fakih Khusni.

Fakih menambahkan, dengan moderasi beragama akan terjalin kerukunan beragama yang harmonis, kosep moderasi beragama harus sampai ke generasi muda dan melalui peran guru agama hendaknya ada forum diskusi siswa tentang moderasi beragama ini.

Senada dengan Fakih Khusni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo saat di jumpai dalam kegiatan yang berbeda mengatakan, menjalin harmonisasi kehidupan umat beragama di tengah masyarakat perlu tumbuhkan bahkan sejak saat dini.

“Wonosobo merupakan daerah religius sangat kental nuansa keagamaannya. Berbagai upaya selalu ditempuh untuk melestarikan kerukunan beragama dan menciptakan harmonisasi umat beragama. melalui koordinasi dengan lintas sektoral dan peran guru pendidikan Agama Islam maupun tokoh agama diharap mampu menanamkan nilai toleransi hingga ke semua lini. Agama menjadi penguat kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Keberadaan agama merupakan pilar kehidupan berbangsa, sangat penting maka dari itu, selalu digerakkan ikhtiar terhadap penguatan toleransi dan harmonisasi umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat baik melalui jalur pendidikan maupun upaya keagaaman lainnya,” ungkap Farid.

Sementara itu ditengah koordinasi yang berlangsung, Kasi Kesra Setda Wonosobo Harjanto, menyampaikan Kunjungan Kasi PAIS ke bagian Kesra disambut hangat dan diharap dari koordinasi akan semakin memperkuat jalinan sinergi lintas sektoral. Pihaknya berharap, upaya untuk mengokohkan kerukunan beragama dan menjalin hubungan akan menciptakan nuansa harmoni dalam perbedaan.

“Sinergitas lintas sector itu penting dan perlu dikuatkan lagi. Terkait keberagaman yang ada, besar harapan kita semua terhadap upaya untuk mengokohkan kerukunan beragama dan menjalin hubungan yang harmonis seluruh anak bangsa dapat terus digencarkan. Langkah bersama gerakkan penguatan kerukunan beragama kita sambut dengan semangat kebangsaan membangun negeri dengan spirit nilai-nilai beragama yang luhur dan agung,” tandas Harjanto. fi-ws/qq