Kemenag Banyumas Launching Si Jembhling

Purwokerto-Satu inovasi baru kembali diluncurkan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Sistim Informasi Jembut Bola Haji keliling (Si Jembhling) secara resmi diresmikan dan diluncurkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Akhsin Aedi.  Prosesi peresmian dan peluncuran ini di dampingi oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) serta ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Banyumas bertempat di halaman Kantor Kemenag Banyumas pada hari Senin (1/3/21).

Dalam sambutannya H. Akhsin Aedi selaku Kakankemenag Kab. Banyumas mengatakan bahwa tujuan dari adanya Si Jembhling ini adalah  untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan informasi bagi masyarakat dalam proses pendaftaran haji dan umroh.  Berarti saat ini Kantor Kementerian Agama Banyumas dalam memberikan 11 pelayanan haji dan umroh ada di 3 (tiga) tempat yaitu di Gedung pelayanan haji dan umroh di kantor  Kemenag Banyumas , Mall Pelayanan Publik (MPP) Purwokerto dan mulai hari ini dengan adanya Si Jembhling kami akan melakukan jemput bola bagi calon jamaah haji dan pelayanan haji di luar Purwokerto. Antara lain di wilayah eks kawedanan ajibarang, eks kawedanan sumpiuh, eks kawedanan Banyumas dan Eks kawedan Jatilawang.

“Dengan adanya Si Jembhling, maka masyarakat di luar Purwokerto pada saat mau melakukan pendaftaran haji atau memerlukan 11 pelayanan lainnya tidak perlu jauh-jauh harus ke Purwokerto, Cukup di kendaraan operasional Si Jembhling sesuai dengan jadwal yang akan kami agendakan,” kata Akhsin.

Kasi PHU H. Hendro dalam wawancaranya menyinggung mengenai kendala, semakin banyaknya inovasi pelayanan haji Banyumas di 3 tempat berbeda maka jumlah total petugas PHU yang ada saat ini agar maksimal dalam pelayanan tentu masih kurang. Apalagi dengan jadwal mobil keliling haji pada Senin sampai dengan Kamis dan untuk layanan tersebut perlu petugas 4 orang. Petugas BPS Bipih 2 orang dan 2 orang petugas operator Siskohat sekaligus Driver. Dan untuk jam operasional mulai pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB.

“Hadirnya mobil keliling haji semakin memudahkan masyarakat di Kecamatan pinggiran Banyumas, walaupun nantinya perlu ada tambahan petugas japel ASN seksi lain yang dimutasi ke PHU,” pungkas Hendro.

Keberadaan Si Jembling ini akan mendekatkan antara kami dari Kantor Kemenag Kab. Banyumas dengan masyarakat umat Islam. Semoga Si Jembhling ini dapat ikut serta mendukung dalam proses Kantor Kemenag Kab. Banyumas masuk dalam Zona Integritas yaitu menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). (yudi/rf).