Kepala Kankemenag Kab. Wonosobo Sambut Silaturahmi FKPP dengan Bupati Kab. Wonosobo

Wonosobo – Bertempat di Pendopo Bupati Kabupaten Wonosobo pada Senin,(15/3) malam, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kab. Wonosobo beserta Seksi PD Pontren Kankemenag Kab. Wonosobo hadir memenuhi undangan Bupati Kab. Wonosobo guna menyambut jalinan silaturahmi Kyai muda dari Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kab. Wonosobo yang didampingi oleh Ketua umum jamaah yasin Nusantara.

Hadir dalam silaturahi tersebut yakni Kyai dari ponpes Fatkhul Mu’in Bumen, ponpes An-Nur Klerang, ponpes Al-Asy'ariyyah Kalibeber, ponpes Matholi’ul Anwar, dan ponpes Nawwir Qulubana Kalibeber.

Dalam silaturahminya, Idham Cholid selaku Ketua umum jamaah yasin Nusantara saat membersamai kyai dari FKPP Kab. Wonosobo menyampaikan maksud kedatangannya yakni sebagai tindak lanjut pertemuan Halaqah Peran Keutamaan Pesantren yang digelar di ponpes An-Nuur beberapa hari yang lalu. Yang menyepakati hal prinsip yaitu perlunya meningkatkan peran keumatan pesantren, terutama dalam pemberdayaan ekonomi.

Selanjutnya dalam sambutan baiknya Bupati Kab. Wonosobo Afif Nur Hidayat, menyampaikan sekaligus mengajak pesantren untuk bersinergi dengan Pemkab serta Kankemeng Kab. Wonosobo, dalam arti yang seluas-luasnya.

Sementara itu, Kakankemenag Ahmad Farid dalam sambutannya mengatakan, akan mensuport kegiatan-kegaitan yang ada di FKPP Kabupaten Wonosobo, serta pada Selasa (16/3) FKPP diminta menghadap ke ruangan Kakankemenag untuk tindak lanjut silaturahmi jangka panjang.

“Kami akan support kegaitan FKPP untuk itu kami meminta FKPP untuk datang ke Kankemenag Kab. Wonosobo guna membahas pembuatan laporan program-program yang sudah direncanakan untuk selanjutnya akan diteruskan ke Kanwil Kemenag Provinsi dan direkom untuk diteruskan ke Kemenag Pusat,” ungkap Ahmaf Farid.

Hal lain juga disampaikan, pembuatan laporan ditujukan sebagai salah satu presentasi menyambut kunjungan Menag dan Polri ke Kabupaten Wonosobo. “Jadi sebelum pak menteri datang melakukan kunjungannya ke Kabupaten Wonosobo, sudah mengetahui program-program yang akan disampaikan ketika pak menteri sampai dikabupaten Wonosobo,” imbuh Kakankemenag.

Disisi lain, hadir mendampingi kakankemenag, staff PD pontren mengatakan, PD Pontren yang dirasa lebih tahu terkait perekembangan dan informasi ponpes di Kabupaten Wonosobo berharap perhatian dan bantuan pemerintah dapat menyentuh kesemua lembaga agama yang ada di Kab. Wonosobo.

“Diharap pemerintah akan lebih objectif dalam melihat kondisi Ponpes di Wonosobo, karena kesemuanya itu butuh walaupun dari sisi kapasitas berbeda-beda harapannya semua bisa terakses,” ungkap Rino Pambudi pegawai Seksi PD Pontren.

Selanjutnya dalam silaturahmi juga dibahas terkait rencana kunjungan Polri dan Menag ke Kabupaten Wonosobo pada tahun ini. Ps-ws/qq