Kepastian Keberangkatan Haji Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

Demak (PHU) – Dalam program Talkshow “TAMU KITA” yang disiarkan secara live di stasiun TVRI Jawa Tengah dengan tema “Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021”, hadir Narasumber Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Muh Saidun.

“Bagaimana kepastian haji tahun 2021 ini? Karena banyak dari masyarakat yang menanyakan ini,” tanya host, Irin Iriany

“Jadi apa tidaknya pemberangkatan haji tahun ini, pemerintah masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi,” jelas Mustain, Sabtu (27/03).

“Kita sedang dalam persiapan-persiapan haji tahun ini,” tambahnya

Musta’in juga menambahkan jika pemerintah saat ini sedang menyiapkan skenario-skenario terhadap penyelenggaraan ibadah haji.

“Ada beberapa skenario yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah, diantaranya skenario apabila haji dilaksanakan dengan kuota 100%, skenario kedua jika haji dilaksanakan dengan kuota tidak penuh dan skenario jika haji tidak dilaksanakan,” terangnya.

Hadir juga Muh Saidun selaku Kepala Bidang PHU yang menjelaskan persiapan-persiapan yang telah dilakukan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini apabila dilaksanakan.

“Terkait dengan paspor jemaah sudah mencapai 90 persen persiapan kita,” terang Saidun.

“Selain itu di daerah juga sedang dilaksanakan update data jemaah haji seperti update data NIK jemaah haji yang nantinya data tersebut sebagai dasar vaksinasi bagi jemaah haji,” tambahnya. (vd/Sua).