Kolaborasi Dengan Tanoto Foundation, Kemenag Tingkatkan Mutu Pendidikan Madrasah

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Pendidikan Madrasah jalin kerjasama dengan Tanoto Foundation untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah mulai tingkat dasar, ini merupakan perpanjangan kerjasama di tahun ke tiga, Jumat (5/3).

Kerjasama ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan mutu guru madrasah melalui penyediaan fasilitator tingkat nasional sampai tingkat kabupaten/kota. Sehingga diharapkan mampu mempercepat peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan madrasah secara menyeluruh. Kerja sama di tingkat madrasah akan fokus pada penerapan pembelajaran aktif, serta manajemen sekolah yang lebih akuntabel dan partisipatif yang menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, dan budaya baca.

“Program kemitraan dengan Tanoto Foundation akan kami manfaatkan untuk membuat terobosan-terobosan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah,” ungkap Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kendal, Muhammad Muslikhan.

Lebih lanjut Muslikhan menyampaikan, kolaborasi Kemenag ini salah satunya dengan melatih semua pengawas dan melakukan pemantauan dari level madrasah, subrayon, rayon sampai dengan kabupaten. Setelah dilatih madrasah akan didampingi, kemudian dipantau. Pemantauan dilakukan oleh guru, kepala madrasah dan pengawas yang telah dilatih sehingga memiliki irama yang sama. Selain itu, secara proaktif Kemenag juga mendorong perubahan maindset dan kesadaran guru untuk melakukan diseminasi secara mandiri. Hal ini sudah berjalan dan terbukti dengan banyaknya permintaan yang masuk untuk diseminasi.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama setempat menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu cara untuk menyiapkan anak didik agar lebih berkualitas, terutama dalam pembelajaran.

“Kami berharap kerjasama ini bisa meningkatkan motivasi para pendidik madrasah untuk semakin aktif, inovatif dan solutif terhadap perbaikan dunia pendidikan. Sehingga mampu mengantarkan anak didik ke jenjang yang lebih tinggi sesuai cita-cita,” ujar Mahrus.

Tanoto Foundation berkomitmen mengembangkan lingkungan pembelajaran yang berkualitas. Melalui berbagai program sebagai upaya mendukung pemerintah dalam peningkatan kompetensi guru dan partisipasi masyarakat yang sejalan dengan program penguatan pendidikan karakter. (bel/rf)