KUA dan Penyuluh Kampanyekan Kembali Protokol Kesehatan yang Mulai Terabaikan

Kendal – Dalam upaya pencegahan penularan wabah virus corona kepada masyarakat, KUA dan penyuluh agama Kecamatan Ngampel pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal turun ke lapangan menyasar pedagang dan masyarakat sekitar pasar magangan dan pasar talang, Selasa (9/3).

Aksi ini juga didukung oleh TNI dan polri setempat, dengan ikut terlibat membagikan masker gratis kepada warga. Tak hanya sekedar membagikan masker, mereka juga mengedukasi akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Membuka wawasan tentang perlunya memakai masker sekalipun bagi orang yang sehat, karena masker diperlukan bagi setiap orang agar tidak saling menulari virus corona. Ada kesempatan tinggi penularan terjadi ketika orang sakit berinteraksi dengan orang sehat dan orang sehat berinteraksi dengan yang lain juga. Penggunaan masker diharuskan juga terkait dengan percikan liur atau droplet. Penelitian terbaru menunjukkan batuk dan bersin dapat membuat percikan liur terlontar lebih jauh daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Tak segan kepala KUA Kecamatan Ngampel, Samsul Hidayat mempraktekkan gerakan 5M dan memberi contoh cara pemakaian masker yang benar.

“Kami mengajak masyarakat untuk sadar pentingnya penerapan protokol kesahatan, melaksanakan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” terang Samsul.

Terkait masker yang dibagikan merupakan bentuk kontribusi KUA dan penyuluh agama islam Kecamatan Ngampel dalam pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Kendal. Tak hanya itu, sebelum pembagian masker, tim juga melaksanakan apel persiapan dan koordinasi bersama TNI dan Polri.

Lebih lanjut kepala KUA, Samsul berharap kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan agar dapat memutus rantai penularan di masyarakat. Pasalnya, untuk dapat menurunkan kurva dari puncak pandemi sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat.

“Mudah-mudahan masker yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam suasana sulit ini untuk melawan penyebaran virus Covid-19 dan juga kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” harapnya. (bel/rf)