MIN 1 Kendal Launching Perpustakaan Digital

Kendal – Dalam rangka mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi, MIN 1 Kendal launching perpustakaan digital. Kegiatan berlangsung bersamaan dengan rapat pleno wali murid yang diselenggarakan dalam waktu sepekan oleh Komite MIN 1 Kendal, Rabu (03/03).

Perpustakaan ini merupakan bentuk kerja sama antara Erlangga dengan MIN 1 Kendal yang memberikan kemudahan bagi siswa untuk peminjaman buku secara online. Siswa cukup instal aplikasi melalui playstore, daftar pada admin, dan setelah itu langsung bisa melakukan peminjaman buku secara online. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

Menurut Siti Umrotun, kemudahan akses untuk meminjam  buku ini harus diupayakan karena tuntutan zaman dan mengingat terbatasnya aktifitas akibat pandemi Covid-19.

“Zaman semakin maju dengan adanya teknologi canggih, mendorong siswa menambah pengetahuan melalui perpustakaan digital,  lebih menantang dan bisa diminati anak – anak lewat HP.  Apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, sangat membantu dan mempermudah dalam menambah ilmu dan wawasan,” tuturnya selaku Kepala Perpustakaan MIN 1 Kendal.

Dirinya juga berharap perpustakaan ini dapat memberikan pelayanan prima dalam peminjaman buku kepada siswa, guru, dan karyawan, baik  melalui on line maupun off line dengan cara yang mudah. Diimbangi dengan upaya penambahan koleksi buku-buku, sehingga siswa semakin berminat dan senang mengunjungi perpustakaan digital MIN 1 Kendal.

Kepala Madrasah bersama tim perpustakaan digital berkomitmen agar harapan yang mulia ini dapat terealisasi. Langkah-langkah konkrit sudah dilakukan, mulai dari sosialisasi kepada orangtua, permohonan dukungan kepada komite, hingga  jalinan kerja sama dengan E-Learning Erlangga.

“Tiada hari tanpa inovasi, MIN 1 Kendal berkreasi demi mewujudkan Madrasah hebat bermartabat,” ungkap Subiyono. (sby/rf)