Monev Pelaksanaan UM, Kasi Guru Kanwil Kemenag Sempatkan Tinjau Pembinaan KSN

Wonosobo – Usai lakukan Monitoring pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MAN 1 Wonosobo yang dilakukan secara daring pada Senin (23/3), Kasi Guru Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah didampingi Kasi Penma Kankemenag Kab. Wonosobo sambangi pembinaan peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang dipusatkan di Perpustakaan Mutiara Ilmu MAN 1 Wonosobo.

KSN mulanya akrab didengar dengan sebutan Olimpiade Sains Nasional atau OSN yang ditunjukan kepada anak dalam menghadapi kompetisi mata pelajaran anta Siswa yang setiap tahunnya diselenggarakan secara rutin.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Guru Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Agus Mahasin menyampaikan kepada seluruh Madrasah untuk dapat mengikuti dan memanfaatkan penyelenggaraan KSN tersebut untuk mengembangkan potensi siswa, “dengan adanya KSN diharap dapat diikuti oleh seluruh siswa lebih khusus siswa Madrasah guna menggali potensi diri dan diharap mampu mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” terang Agus Mahasin.

Sambung dia, Agus Muhasin, menyampaikan kompetisi ini merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok NKRI.

Senada dengan Agus Muhasin, Kasi Penma Kankemenag Kab. Wonosobo Totok Jumantoro dalam kesempatan tersebut menyampaikan manfaat adanya KSN selain sebagai strategi untuk peningkatan mutu pendidikan KSN dirasa memiliki posisi khusus pada berbagai kompetisi Internasional, “melalui system kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan siswa atau peserta didik dapat mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki,” tandas Totok Jumantoro.

Merespon Kunjungan Kasi Guru dan Kasi Penma tersebut, peserta KSN yang tengah mengikuti pembinaan terlihat berantusias menyambut kedatangan monitoring tersebut, Nampak beberapa moment siswa tanpa canggung berdiskusi saat kasi Guru dan Kasi Penma mengajak beraudiensi.

Warsam selaku Kepala Madrasah menyampaikan, Semoga dengan adanya peninjauan ini dapat mendongkrak semangat siswa peserta KSN sehingga lebih optimal lagi dalam persiapan menyongsong KSN yang akan dilaksanakan akhir bulan April tahun 2021 mendatang.

Sementara itu saat ditemui di ruangannya, Kakankemenag Kab. Wonosobo berpesan agar guru dan pihak madrasah tetap mendampingi siswanya sampai pelaksanaan KSN mendatang, “selain bimbingan dari Bapak/Ibu Guru dan jajaran Madrasah, siswa peserta KSN harus mampu belajar mandiri dari sumber belajar dari mana saja baik dari internet maupun bank soal,” ungkap Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo.

Ahmada Farid berharap dengan ikhtiar yang dilakukan Madrasah dan peserta didik untuk berprestasi dapat membuahkan hasil maksimal. Ps-ws/qq