Monitoring Pelaksanaan Ujian Online bagi Siswa Madrasah

Kota Magelang – MAN 1 Kota Magelang dan MA Al-Iman Kota Magelang merupakan madrasah yang siap melaksanakan ujian madrasah sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan siswa. Ujian madrasah online dilaksanakan mulai tanggal 15 – 25 Maret 2021 yang menguji 19 mata pelajaran. Setiap siswa harus menyelesaikan dua mata pelajaran dalam sehari secara online, untuk itu Madrasah harus menyiapkan sarana dan prasarana yang menjadi syarat dilaksanakannya ujian tersebut. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur saat monitoring kesiapan ujian Selasa (16/03).

“Sarana dan prasarana sebagai syarat untuk pelaksanaan ujian perlu di kontrol dan dicek setiap saat agar dalam pelaksanaan ujian tidak terkendala” Kata Sofia Nur

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang mengapresiasi kesiapan dan pelaksanaan ujian madrasah berbasis komputer. Mengingat kondisi saat pandemi yang mempengaruhi sistem belajar siswa maka yang penting harus dilakukan adalah kesigapan tenaga teknis yang menangani langsung serta keberadaan di Madrasah sudah memenuhi standar dan layak.

 “Saya melihat pelaksanaan ujian di madrasah ini sangat bagus, terpantau dan sudah memenuhi Syarat” Jelas Sofia Nur

Monitoring Ujian Online Madrasah dilaksanakan di Madrasah Madrasah di MAN 1 Kota Magelang dan MA Al-Iman Magelang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan jajaran.

Kementerian Agama telah menerbitkan SK  Dirjen No 752 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun pelajaran 2020/2021. Ujian madrasah ini dirancang untuk mendorong aktivitas pembelajaran yang bermakna dan tidak perlu dipaksakan mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh, serta melaksanakan monitoring pelaksanaan Ujian yang dilaksanakan secara online.

Kasi Pendidikan Madrasah Arif Yudha Himawan berharap agar pelaksanaan ujian apa pun yang dilaksanakan di madrasah semoga semakin baik dan bermutu karena akan menjadi karakteristik Kementerian Agama. Beliau sangat mengapresiasi  dalam pelaksanaan ujian ini seluruh siswa dapat mengerjakan dengan menggunakan HP masing-masing. Dari hasil pantauan siswa tidak ada kendala selama pelaksanaan ujian. Ujian terlaksana dengan baik secara online dan siswa mampu mengerjakan sesuai waktu yang ditentukan. (LIlik)