Pembinaan Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Magelang

Kota Magelang – Guna mewujudkan sinergitas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya diperlukan soliditas secara internal baik bagi ASN dan organisasi lain di bawah naungan Kankemenag Kota Magelang. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kota Magelang sebagai salah satunya diharapkan berperan meningkatkan produktivitas hasil kerja melalui dukungan moril dan motivasi untuk suaminya. Pemikiran inilah yang melatarbelakangi kegiatan Pembinaan Dharma Wanita Persatuan Kota Magelang di Aula Kankemenag Kota Magelang,Rabu (10/03). Hadir dalam acara para Kasi, Penyelenggara syari’ah, Kepala KUA, Kapala Madrasah, ASN dan anggota Dharma Wanita Kankemenag Kota Magelang. 

Kepala Kankemenag kota Magelang, Sofia Nur menjabarkan pentingnya peran dan fungsi Dharma Wanita dalam membantu program-program Kementerian Agama RI. Anggota Dharma Wanita sebagai istri dari ASN Kemenag Kota Magelang mempunyai peran membina, menambah pengetahuan, memperkuat mental dan ikut peduli kepada suaminya dalam menjalankan tugas,” ujarnya. Selain itu, ia juga berharap agar para istri ASN yang juga merupakan anggota Dharma Wanita memberikan dukungan kepada suami dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, sehingga meningkatkan etos kerja dan prestasi kerja suaminya.  

“Harus ada kejujuran dan komunikasi yang terbuka antara suami dan istri agar terjalin keharmonisan dalam rumahtangganya, akan tetapi tidak berarti bahwa istri harus mengetahui semua urusan kantor, karena ada rahasia jabatan yang harus di pegang teguh oleh suami sebagai ASN,” kata Sofia Nur. Dukungan para istri seyogyanya dimulai sejak bangun tidur sampai mau tidur lagi, suami harus dikawal serta diberi semangat setiap hari sehingga bisa meningkatkan kinerjanya. Gangguan dalam rumah tangga akan berdampak terhadap kinerja suami. “DWP Kemenag Kota Magelang juga harus berfungsi untuk mendukung program-program yang telah menjadi kebijakan Kementerian Agama RI,” tambahnya.

Peran serta dan partisipasi anggota DWP sebagai istri dari ASN sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah dilapangan sehingga tujuan dari pembangunan nasional bisa cepat terwujud. Dalam kesempatan itu, Kepala Kankemenag Kota Magelang juga berpesan agar Dharma Wanita bisa menjadi motor penggerak di masyarakat terutama ikut serta berperan aktif dalam penanganan covid-19 dan menjadi figur teladan penegakan disiplin protokoler kesehatan bagi masyarakat.

Harapan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar ASN dan DWP Kemenag Kota Magelang semakin solid untuk bahu membahu dalam menyukseskan program-program pemerintah khususnya di Kementerian Agama Kota Magelang. (Hari)