Pemerintah Siapkan Skenario Penyelenggaraan Haji

Demak (PHU) – Sembari menunggu informasi kepastian penyelenggaraan ibadah haji, Pemerintah saat ini sedang membahas skenario-skenario terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M. Dalam program Talkshow “TAMU KITA” yang disiarkan secara live di stasiun TVRI Jawa Tengah dengan tema “Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021,” Musta’in Ahmad selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu Narasumber pada program tersebut menyinggung beberapa skenario terkait penyelenggaraan ibadah haji.

“Pemerintah saat ini sedang menyiapkan skenario-skenario terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” jelas Musta’in, Sabtu (27/03).

“Ada beberapa skenario yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah, diantaranya skenario apabila haji dilaksanakan dengan kuota 100%, skenario kedua jika haji dilaksanakan dengan kuota tidak penuh dan skenario jika haji tidak dilaksanakan,” terangnya.

Musta’in menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah juga sedang melakukan mitigasi apabila penyelenggaraan ibadah haji benar-benar dilaksanakan di tahun ini.

“Kanwil dalam posisi siap, sambil menunggu ada tidaknya haji di tahun ini. Mengingat sekarang ini masih masa pandemi,” katanya.

Musta’in berharap pelaksanaan vaksinasi kepada jemaah haji dapat segera rampung di bulan ini.

“Kita harus optimis, apabila haji ditahun ini dilaksanakan yang nantinya SOP haji disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi,” pungkas Musta’in. (vd/Sua).