Pendampingan Mustahik Produktif Binaan Baznas Provinsi Jawa Tengah

Kota Magelang – Mustahik yang mendapat pendampingan dari Penyuluh Agama Islam Kota Magelang mendapatkan dana usaha bergulir untuk mengembangkan ekonomi sehingga mampu membiayai kebutuhan ekonomi. Sebagaimana diketahui bahwa Mustahik mendapat pendampingan dari Penyuluh Agama Islam dengan pengembangan dana dari Baznas Provinsi, untuk itu penyuluh yang diberi tugas tersebut harus melakukan pembinaan yang berkelanjutan. Demikian dikatakan Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Abdurrosyid saat pelaksanaan pemberian dana bergulir mustahik. Sabtu (13/03).

“Pengelolaan dana Baznas untuk Mustahik sebagai upaya pengembangan ekonomi umat. Penyuluh Agama Islam memilki peran penting dalam pembinaan” Kata Abdurrosyid 

Mustahik selama ini mendapatkan pembinaan secara rutin, penyuluh agama islam setiap minggu memonitoring perkembangan dari dana usaha ekonomi yang sudah berjalan dan memberikan arahan agar terjadi peningkatan skala kuantitas pada usaha ekonomi yang dilakukan.

“Pengkaderan dengan pendampingan penyuluh untuk pengembangan usaha ekonomi keumatan dengan dana Bergulir dari Baznas Provinsi” Jelas Abdurrosid

Kegiatan pendampingan dilaksanakan di Gedung Majelis Taklim Magelang Tengah diikuti oleh Mustahik yang telah mendapatkan bantuan dana bergulir, turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai pembinaan penyuluh agama Islam Karomah dan Nur Arofah.

Baznas provinsi Jawa Tengah telah menggulirkan bantuan modal usaha kepada 10 mustahik produktif masing-masing @ Rp.2.000.000 di kota Magelang dan menunjuk Penyuluh Agama Islam Fungsional(PAIF) sebagai pendampingnya. Dibawah pendampingan PAIF Karomah  dan Nur Arofah. Memasuki bulan ke-5 Maret 2021 pendampingan mustahik berjalan lancar dan bisa menambah 6 mustahik lagi yg mendapat giliran modal usaha dengan cara kesadaran bersedekah subuh minimal Rp 2.000/hari. Sampai saat ini Mustahik produktif yang didampingi kedua PAIF tersebut menjadi 16 orang.

Kami bertekad untuk bisa menambah mustahik produktif lagi di masa mendatang,dengan cara disiplin bersedekah.Karena kami yakin sedekah bisa menambah rezeki disamping bisa sebagai tolak bala dari segala penyakit. (Karomah/Arofah)