Pentingnya Supervisi Akademik Guna Peningkatan Kualitas Madrasah

Kota Magelang – Esensi supervisi akademik sebenarnya bukan untuk menilai kerja guru dalam proses pembelajaran, melainkan tujuannya adalah untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya. Demikian disampaikan Pengawas Pendidikan Agama Islam Isro’ah saat pelaksanaan pengawasan Supervisi Pendidikan Madrasah di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan, Rabu (03/03).

“Untuk pengembangan guru pendidikan madrasah agar lebih professional dibutuhkan pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan” Kata Isro’ah

Supervisi ditekankan pada pembinaan, peningkatan kemampuan serta kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di madrasah. Dalam melaksanakan tugasnya, guru harus memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan mutu kinerja guru , dalam menelaah silabus, KD, materi, kegiatan pembelajaran, penilaian, serta bagaimana guru mampu melaksanakan proses KBM selama daring sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dengan menggunakan perangkat pembelajaran.

“Tenaga kependidikan yang ada di madrasah dalam melaksanakan tugasnya harus memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan mutu kinerja guru dan minat belajar siswa”  Ujar Isro’ah

Kegiatan supervisi ini dilaksanakan selama dua hari di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang dan diikuti 19 orang dengan rincian 11 guru kelas, 4 guru mapel, 3 tenaga kependidikan serta Kepala Madrasah selaku pelaksana pengelola pendidikan.

Kepala MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang, Nina Agustien, dalam sambutannya mengatakan bahwa supervisi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan. Dengan demikian, besar harapannya dengan adanya supervisi akademik dari pengawas madrasah dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para guru di madrasah serta mampu meningkatkan kemampuan kinerja mereka dalam proses pembelajaran.(Wahono)