Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mapel PAI SD Tahun 2021

Kota Magelang- Penyusunan naskah Ujian Sekolah tingkat Sekolah Dasar Mapel PAI tingkat Kota Magelang yang terselenggara di SD Negeri Jurangombo 2 Kota Magelang, Sabtu (13/03). Selain Kasi Pakis Kankemenag Kota Magelang Faturrohim, Ketua KKG SD se Kota Magelang, dan guru PAI SD, hadir pula dalam kegiatan ini para pengawas guru PAI Kankemenag Kota Magelang.

Selain mengucapkan terimakasih, Kepala Kankemenag Kota Magelang Sofia Nur juga memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi para guru PAI dalam melaksanakan tugas-tugasnya, terbukti ditengah suasana pandemi wabah Corona masih bermotivasi tinggi dalam menyelesaikan tanggungjawabnya. “Profesi guru adalah tugas yang mulia karena tidak hanya mengajar dan mentransfer ilmu pengetahuan semata, akan tetapi juga mendidik para murid sehingga mereka memiliki bekal bekal budi pekerti yang luhur sesuai dengan kepribadian bangsa dan berakhlak terpuji” ujar Sofia Nur ketika menyambut dan membuka kegiatan ini. “Mari kita tingkatkan mutu pendidikan yang semakin berkualitas, guna menyiapkan generasi bangsa yang tangguh dan berdaya saing sesuai sasaran dari tujuan pendidikan nasional” tambah Sofia Nur.

Dalam arahannya sebagai penyelenggara kegiatan, Faturrohim menegaskan bahwa penyelenggaraan ujian sekolah secara mandiri berikut pembuatan naskah ujiannya merupakan kebijakan Dirjen PAI Kementerian Agama RI sebagaimana telah tertuang dalam Juknis Nomor 631 Tahun 2021, yang telah ditindaklanjuti dengan Surat Edaran oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, para guru PAI diminta untuk saling bekerja sama dan bersinergi untuk mendukung kebijakan Kementerian Agama RI dalam sumbangsihnya di bidang Pendidikan Agama Islam. “Sebagai tenaga pendidik, kita harus selalu semangat dalam melaksanakan tugas dan dengan penuh rasa tanggung jawab agar hasil kerja kita benar-benar optimal dan memberikan kemanfaatan dalam mencerdaskan peserta didik, terutama mata pelajaran PAI” ucap Fathurrohim (Kasi Pakis) memotivasi peserta kegiatan.  Fathurrohim juga mengingatkan, agar dalam pembuatan soal ujian PAI senantiasa berpedoman pada perangkat aturan yang telah ada. (Isma)