Peresmian Rumah Belajar Anak (RBA)

Temanggung – Untuk membantu giat belajar anak-anak di Desa Getas Kecamatan Kaloran Temanggung, Rumah Muallaf Kabupaten Temanggung mendirikan sanggar/rumah belajar anak untuk anak-anak SD, SMP, di Dusun Kemiri, Desa Getas Kecamatan Kaloran, Selasa (16/3) yang sebelumnya pernah diresmikan di Dusun Porot Kecamatan Kaloran. Hadir dalam kegiatan tersebut dari Rumah Muallaf Temanggung Ahmad Sholeh sebagai koordinator pendampingan, Saidatun Musyarofah, Ikhsan Budi Wibowo dan Siti Khotijah, yang sekaligus sebagai PAF Kementerian Agama Temanggung.

Ahmad Sholeh dalam sambutanya menyampaikan bahwa “Rumah Belajar Anak ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran kepada anak-anak yang jumlahnya 70 anak. Apalagi masa pandemi ini yang nyaris sudah 1 tahun tidak masuk sekolah secara formal, sehingga ada hambatan dalam proses belajar.“ ucapnya

Selanjutnya Ahmad Sholeh berpesan kepada pendamping dan pembimbing dalam kegiatan ini untuk sabar mendampingi dan dengan penuh kasih sayang sehingga diharapkan anak-anak rajin dan betah serta bisa menikmati untuk belajar, disamping itu kepada para pendamping untuk dapat memberikan uswah, yang akhir-akhir ini nilai uswah nyaris hilang sebab yang menjadi pendamping anak-anak adalah TV dan HP.

Tokoh masyarakat Nashrodin menyampaikan bahwa di dusun tersebut sebelumnya juga telah berdiri bimbingan belajar oleh saudara-saudara non Muslim, sehingga Ahmad Sholeh berpesan untuk tetap selalu menjaga kerukunan, penuh senyum dan ramah kepada siapapun sehingga mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, diserahkan bantuan dari rumah muallaf kepada peserta didik berupa buku-buku pelajaran, tas dan alat tulis. Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh koordinator pendamping Ahmad Sholeh, diberikan kepada tokoh masyarakat Nashrodin.(sr/bd)