Puluhan GPAI Kec Lumbir Ikuti Pelatihan Smarttendik

Banyumas : Sejumlah 27 orang Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dari 35 SD yang ada di wilayah lumbir mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan Smarttendik  dengan pemateri dari pengawas agama Isam Kemenag Banyumas Didit A Arifin. Pembinaan ini dilaksanakan di SDN 3 Lumbir kecamatan  Lumbir  selama satu hari ,Selasa, (9/3)

Tujuan dari pelatihan dan pembinaan ini adalah  GPAI dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan dipersiapkan segala sesuatunya, termasuk administrasi pembelajaran;  rancangannya disusun sesuai kondisi saat sekarang ini. Materi dianalisis berdasarkan urgensi, dan pelaksanaan pembelajaran tetap menyenangkan dan berorientasi pada peningkatan mutu secara terpadu dan terus menerus, dapat terukur hasilnya melalui penilaian yang terintegrasi dengan proses sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Materi pembinaan diantaranya adalah , EMIS pendis, SIAGA, persiapan Ujian Sekolah dan Smarttendik dalam pelatihan dan pembinaannya Didit menekankan kepada semua guru PAI perlunya menguasai Smarttendik.

“ Smarttendik perlu di kuasai dan dipahami oleh semua GPAI, diaplikasi ini menyajikan banyak fitur yang sangat berguna dan ini akan memudahkan  bagi Guru maupun pengawas.  Semua informasi dan hasilnya  akan terpantau dengan mudah. Kami dari pengawas juga akan terus membantu mensosilisakan dan mendampingi para guru PAI ini sampai mereka benar – benar memahami dan menguasai aplikasi ini.” Jelas Didit

“ Mulai semester genap ini proses penilaian kinerja GPAI akan dilakukan melalui aplikasi smarttendik demi efektifitas waktu dan kinerja. Sehingga nilai-nilai yang akan diterbitkan semua melalui aplikasi smarttendik. PKG, Pemantauan SNP, PKB, dan penerbitan SKMT nilai diproses di smarttendik dengan menerapkan pola kordinasi dan komunikasi Pengawas dengan Kepala Sekolah dan GPAI yang bersangkutan, sehingga SKMT tidak lagi diisi oleh guru secara manual.” lanjutnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas melalui Kasi PAIS Agus Setiawan mengatakan bahwa saat ini di kecamatan Lumbir  masih kekurangan 8 guru PAI, untuk menutupi kekurangan tersebut maka ada beberapa guru yang mengampu di dua SD.

“ Terimakasih kepada Kepala SD N 3 Lumbir yang telah menjadi tuan rumah, pengawas PAI,  GPAI KKG kecamatan Lumbir atas kerjasamanya sehingga acara pembinaan ini bisa terlaksana. Kedepannya kami dari Kemenag Banyumas akan terus memprogram kegiatan sejenis di lain kecamatan. Harapannya adalah semua guru PAI  di kabupaten Banyumas memahami dan menguasai   EMIS,  SIAGA dan Smarttendik.“ ujar Agus. (yd/rf)