Rakor Bidang PAI : Kakanwil Berharap Ada Moderasi Beragama pada PAI

Semarang (PAIS)-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah berharap moderasi beragama pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah dilakukan secara terus menerus. Hal itu di ungkapkan Mustain Ahmad pada rapat koordinasi Bidang Pendidikan Agama Islam di Kampung Banyumili Kota Salatiga, Selasa 2 Maret 2021.

“Pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di kelas supaya guru melakukan moderasi pendidikan agama kepada peserta didik,” ujarnya.

Ia menambahkan agar moedrasi beragama juga dikomunikasikan dengan instansi-instansi terkait agar program ini bisa tercapai dengan baik. Harap Mustain Ahmad kepada peserta yang hadir saat memberikan pengarahan secara virtual melalui zoom meeting pada kegiatan tersebut.

“Tolong komunikasikan dan koordinasikan dengan instansi-instansi terkait soal moderasi pendidikan agama ini,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Imam Buchori menyampaikan agar rapat koordinasi saat ini dapat dilakukan penyamaan persepsi terkait berbagai hal supaya ada kesamaan langkah dalam merealisasikan program yang ada. Antar seksi PAI di kabupaten atau kota.

“Banyak hal yang perlu kita satukan langkah dengan kabupaten atau kota seperti dalamwaktu dekat ini adalah ujian sekolah mata pelajaran PAI baik SD, SMP, SMA atau SMK”, katanya.

“Nanti masing-masing kepala seksi di bidang PAI yang akan menyampaikan berbagai hal termasuk masalah MGMP, TPG, PPG, BSU tidak ada,” lanjutnya.

Acara diisi pemamparan berbagai program oleh Kasi  PAI pada TK/PAUD Arif Hanafi, kasi PAI pada SD Arif Zaini, Kasi PAI pada SMP Nur Zaini Wahyu Widodo, Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Afifatun dan paparan tentang TPG, PPG oleh Moch. Moezzuddin. Hadir dalam acara para Kasi PAI Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan kota se Jawa Tengah dan para JFU pada Bidang Pendidikan Agama Islam. (dsr/rf)