Rapat Koordinasi Membangun Kampung Religi

Kota Magelang – Kampung religi sebagai program unggulan untuk membentuk masyarakat yang saleh hidup rukun dan damai agar tercipta Magelang yang beriman dan bertaqwa. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama kota Magelang pada rapat terbatas pimpinan dan penyuluh agama Islam Kota Magelang. Jumat(26/03).

“Membentuk masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pengamalan yang baik dengan kampung religi” kata Sofia Nur

Pembentukan kampung religi dibutuhkan data yang valid sehingga kondisi keberadaan kampung yang ditunjuk memiliki komponen yang memenuhi kriteria. Selain itu dipersiapkan kondisi masyarakat tidak hanya beragama Islam saja, ada masyarakat yang beragama lain katolik, kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu. Di sekitarnya juga ada rumah ibadah yang saling berdampingan sehingga kehidupan religi memiliki warna.

Kegiatan rapat dilaksanakan di Aula kantor kementerian agama kota Magelang diikuti oleh Kasubbag TU, para kasi dan gara serta Ortala, humas dan penyuluh agama Islam.

Penguatan religius masyarakat di kuatkan dengan lembaga yang memiliki legal formal, dan kampung Religi juga akan menjadi lembaga masyarakat yang di kuatkan dengan keputusan walikota sebagai dasar untuk melaksanakan program kampung Religi.

Harapan kedepan dapat terwujud kampung religi yang mampu menjadi percontohan bagi kampung yang lain, sehingga nantinya  semua wilayah di kota Magelang mampu menciptakan kampung religi serta menjadi masyarakat yang maju dan moderat.(Wahono)