Rapat Koordinasi Penyelesaian Dokumen Jemaah Haji

Kota Magelang – Penguatan sistem untuk menyusun sebuah instrument dalam pelaksanaan program dibutuhkan data dokumen yang lengkap, untuk itu para calon jemaah haji yang sudah terdaftar, dari sekarang harus menyiapkan kebutuhan data dokumen tersebut, Mengingat bila di lihat dari jadwal pelaksanaan haji dan jika ada kesepakatan untuk pemberangkatan, maka semua sudah siap. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Sofia Nur saat membuka Rapat Koordinasi Penyelesaian Dokumen Jemaah Haji, Senin, (01/03).

“Kelengkapan Dokumen sebagai dasar, untuk itu perlu disiapkan dengan baik,” kata Sofia Nur.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pelaksanaan haji yang tertunda akibat pandemi covid-19 di tahun 2020 menyisakan sebuah pekerjaan yang harus dapat segera diselesaikan, Kementerian Agama sebagai wadah program pelaksanaan ibadah haji dan umroh berusaha untuk membangun komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar ada kesepakatan.  Untuk pelaksanan ibadah haji tahun 2021, mekanisme/persyaratan dokumen sangat penting mengingat adaya pandemi covid-19. Semua dokumen sebagai kelengkapan harus dipersiapkan lebih awal ketika nanti pelaksanaan ibadah haji diberangkatkan dokumen data sudah siap.

“Sebagai antisipasi maka kesiapan semua calon jemaah di validasi, walaupun sampai saat ini masih dilakukan komunikasi pemerintah dalam program pelaksaan ibadah haji dengan pemerintah arab Saudi,” jelas Sofia Nur.

Pelaksanaan rapat koordinasi penyelesaian dokumen jemaah haji tahun 1442 H/ 2021 M dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Magelang. Diikuti oleh 136 Calon Petugas Haji Kota Magelang.

Kasi Haji dan Umrah, Taufik mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi selain untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen paspor, masa expired paspor, batas pengumpulan paspor dan input data NIK dan nomor HP calon Jemaah Haji, juga sebagai sosialisasi program persiapan pemberangkatan Jamaah Haji di Indonesia.

Harapan dengan adanya rapat koordinasi kesiapan dokumen data dukung, persiapan calon jamaah haji untuk divalidasi sudah sesuai, dan juga dapat memberikan informasi dini kepada calon jemaah haji Kota Magelang.(Wahono/Sua)