Sasar Pondok Pesantren Dalam Berantas Tuberkulosis

Semarang-Hari ini Kamis (18/03) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Jateng Musta'in Ahmad  menerima Audiensi Pengurus Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Jawa Tengah yang diketuai dr. Hartanto beserta rombongan dan juga dihadiri perwakilan dari Bidang Penma Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Juair serta Kasi Pendidikan Pesantren dan Kesetaraan Hamid Dimyati Bidang PD Pontren di Ruang Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

Ketua PPTI Jateng dr Hartanto mengatakan adapun maksud kehadirannya mohon dukungan sekaligus  sebagai stakeholder Kanwil untuk pemberantasan TBC di dunia pendidikan madrasah, pondok  pesantren dan juga masyarakat  di Jawa Tengah. Pemerintah yang sudah menyiapkan layanan kesehatan, perlu di dukung dengan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai bidang.

“Tim  Pemberantasan Tuberkulosis akan menyusun program salah satunya melakukan penyuluhan dipendidikan madrasah, di pondok pesantren dan juga masyarakat yang tersebar di Jawa Tengah,” kata Hartanto

Hartanto menyebutkan ribuan pondok pesantren di Jateng dengan jumlah santri yang mencapai puluhan ribu orang, menjadi salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran program PPTI.

“Tuberkolosis sangat tergantung atau dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Kita mendukung program pemerintah di Jawa Tengah yang sedang gencar memberantas Tuberkulosis atau TB. Kemudian kami menggalakkan pada masyarakat yang resikonya tinggi terhadap penularan TB dipondok pesantren,” ujarnya.

Dalam menerima audiensi Musta'in Ahmad mendukung program pemerintah di Jawa Tengah yang sedang gencar memberantas Tuberkulosis dilingkungan  pondok pesantren, apalagi kasus Tuberkulosis di Jawa Tengah cukup tinggi.

“Melalui program pemerintah  ini, para santri diharapkan dapat memahami apa itu TB, cara penularannya, gejala, pencegahan, serta pengobatannya,” ungkapnya.

Dalam rangka memperingati hari TB sedunia Pengurus PPTI Jawa Tengah menggelar Kegiatan  Webinar dengan Topik : The Clock Is Ticking-Bergegas Bersama Berantas TB.
Hari/Tanggal  : Sabtu, 27 Maret 2021
Pukul                : 08.30-selesai
Metode            : Daring/Online-Zoom Meeting
Link pendaftaran : bro.bapelkesjateng.id.(rf/ps)