Staff KUA Sumbang Ikuti Program Vaksinasi COCID 19

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sebagai bentuk dukungan KUA Kecamatan Sumbang dalam percepatan penanggulangan penularan Covid-19 yang sudah menjadi pendemi selama setahun terakhir, hari ini Rabu 17 Maret 2021 dimulai pukul 09.00 WIB Kepala KUA Kecamatan Sumbang, penghulu dan beserta 4 orang karyawan KUA menerima undangan terkait pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bertempat di Puskesmas I Kecamatan Sumbang.

Drs. H. Mukhzin Ash Shafikh, Kepala KUA kecamatan Sumbang mengaku bersedia menerima vaksin. Mengingat dirinya sebagai kepala KUA tak dipungkiri banyak kegiatan maupun pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, hal itu bisa saja menjadi potensi penyebaran virus corona. “Sebagai ASN memang harus siap divaksin, terutama yang terlibat dalam pelayanan publik. Kita kan tidak tahu apakah akan tertular atau menularkan, ya melalui vaksin ini sebagai ikhtiar,” tuturnya.

Sebelum menerima vaksin ASN terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta scrinning kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Dilanjutkan menjawab sejumlah pertanyaan seputar riwayat kesehatan hingga dinyatakan sehat dan layak mengikuti vaksinasi. Usai disuntikkan vaksin di lengan kiri, ASN diminta mengikuti proses observasi selama sekitar 30 menit. Guna memastikan tidak adanya dampak atau gejala yang timbul sebagai reaksi pascaimunisasi. Diketahui vaksin Sinovac ini membutuhkan dua kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari. Untuk itu, para penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksinasi dan diingatkan supaya kembali menerima vaksin untuk kedua kalinya.

Lebih lanjut Mukhzin berharap agar penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan, sekalipun ASN telah menerima vaksin. Karena setelah divaksin bukan berarti tidak berpotensi untuk menularkan, akan tetapi mereka yang divaksin akan terbentuk kekebalan tubuh dalam dirinya walaupun masih berpotensi menularkan. (yd)