Tahun Ke 2, Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19

Kota Magelang – Pelaksanaan bulan Ramadhan tahun ini masih pada masa pandemi covid-19, untuk itu penting untuk kita semua mengendalikan diri dengan baik tetap menerapkan protokol kesehatan denagn baik sehingga dapat terlaksana ibadah puasa yang khusuk. Demikian disampaikan Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Moh Sunaryanto saat membuka pengajian Majelis Taklim Al Ikhlas di Mushola Al Ikhlas, Jumat (26/03).

“Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat dan semangat untuk berpuasa Ramadhan dengan tetap memperhatikan Protokol Keshatan” Kata Sunaryanto

Pengajian diisi oleh Penyuluh Agama Islam PNS Wihdatul yang mengambil tema Ramadhan, dijelaskan pada masa pandemi covid-19 dalam melaksanakan puasa Ramadhan tetap dengan kondisi batin yang tenang sehingga puasa dapat dilaksanakan sesuai dengan anjuran agama, salah satunya adalah diisi dengan membaca al qur’an “tadarus”, manjalankan sholat, berkumpul dengan orang sholeh, berpuasa menahan lapar makanan dan hawa nafsu, dan dzikir. Dengan demikian maka puasa yang kita laksanakan mampu dilaksanakan pada masa pandemi covid-19.

“Tekun melaksanakan ibadah puasa diimbangi dengan kesadaran menjalankan ajaran agama yang baik itu sebagai kunci khusuknya puasa Ramadhan” uncap Widatul

Kegiatan pengajian Majelais Taklim Al Ikhlas di Musolla Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kota Magelang diikuti oleh ASN dan Penyuluh Agama Islam Kota Magelang.

Dengan pengajian rutin ASN dan penyuluh memilki tingkat keimanan yang meningkat dan taat akan ajaran agama sehingga rukun islam dilaksankan sebagai dasar umat islam yang mampu mengaplikasikan ajaran dengan baik.

Harapan kedepan pandemi segera berlalu dan pelaksanaan puasa ramadhan dapat dilaksanakan sebagai mana umumnya dapat berinteraksi sosial yang tidak terbatas seperti saat ini, maka doa dan harapan agar pandemi covid-19 segera berlalu dan kembali hidup normal. (Wihdatul)