Telusuri Pasar Tradisional Kendal, Pokjaluh Kampanyekan 5M

Kendal – Dukung pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus Covid-19, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal berinisiatif membagikan masker gratis kepada masyarakan dan pengguna jalan sekitar pasar tradisional kota Kendal, Senin (01/03).

Diprakarsai oleh ketua Pokjaluh, Yamahsari bersama rombongan berjalan dari kantor Kemenag menuju pasar yang memang jaraknya tak begitu jauh. Ditiap persimpangan jalan dirinya menyapa, mengedukasi dan memberikan masker gratis kepada masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menggunakan masker, tak segan dirinya juga memberikan contoh cara memakai masker yang benar.

“Hari ini kami turun lapangan menyasar masyarakat dan pengguna jalan untuk mengedukasi pentingnya penerapan protokol kesehatan terlebih mereka yang terlibat di tempat umum,” jelas Yamahsari.

Rombongan berjalan menyusuri setiap gang pasar, sambil memperhatikan sekeliling mereka menyaksikan betapa memprihatinkan kondisi keramaian dengan beberapa orang yang kurang sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Disini peran serta penyuluh dalam memberikan pemahaman dan arahan kepada masyarakat untuk menerapkan prokes melalui gerakan 5M sangat diperlukan.

Ditemui di kantornya Kepala Kemenag Kendal, H. Mahrus mengatakan bahwa kampanye protokol kesehatan seperti ini diharapkan dapat menjadi inspirasi. Ia juga tak henti hentinya menghimbau seluruh jajarannya agar senantiasa menerapkan 5M dimanapun bertugas.

“Tentunya kita harus sama-sama bergandengan tangan berperan aktif untuk bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini, salah satu upayanya melalui kampanye protokol kesehatan di ruang publik,” ucapnya.

Besar harapan berakhirnya pandemi Covid-19, melalui berbagai upaya pencegahan yang dilakukan bertahap namun terus berjalan. Kerjasama dari seluruh elemen masyarakat akan sangat membantu pada perbaikan dan pembangunan kembali semua lini yang terdampak Covid-19. (bel/rf)