Tingkatkan Integritas Madrasah, Kakankemenag Lakukan Supervisi dan Pembinaan

Ungaran – Dalam rangka supervisi kelembagaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin, memberikan pembinaan bagi guru dan karyawan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Semarang, Senin, (1/3).

Dalam kesempatan tersebut, Nurudin menyampaikan beberapa hal terkait upaya peningkatan integritas kinerja dan kedisiplinan di madrasah, serta kiat-kiat sukses mewujudkan madrasah yang lebih maju dan lebih besar.

Menurut Nurudin, pandemi covid-19 yang saat ini masih melanda negeri, mau tidak mau harus disikapi bijak oleh warga madrasah, utamanya para guru dan siswa yang masih melaksanakan pembelajaran secara daring. Sebab, tanpa komitmen yang tinggi, maka mustahil pembelajaran daring dapat berjalan maksimal dan tanpa kendala.

“Karena tahun ini Ujian Nasional (UN) ditiadakan, maka pastikan semua siswa kelas XII untuk bisa mengikuti ujian madrasah sebagai prasyarat kelulusan,” tegas Nurudin.

Disamping itu, Nurudin juga berbagi kiat-kiat sukses dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022, sebagaimana telah ia terapkan di Kabupaten/Kota sebelumnya, saat ia menjabat sebagai Kakankemenag. Beberapa kiat yang dimaksud diantaranya: meningkatkan strategi dan pola penjaringan siswa baru, mengenalkan madrasah ke lingkungan sekitar Kecamatan/Kabupaten melalui pembuatan brosur yang menarik, memanfaatkan ciri khas bangunan madrasah yang mencerminkan nilai-nilai budaya Islam serta merencanakan kegiatan yang berkesinambungan dari waktu ke waktu.

“Ini adalah bentuk ikhtiar kita dalam menjaring siswa yang lebih besar. Semoga untuk dua tahun ke depan, MAN 2 Semarang semakin berkembang dengan jumlah siswa diatas 800 orang,” pungkasnya.(shl/Sua)