Bangun Koordinasi Satintel Polres Dan Humas Kemenag

Wonosobo – Dalam upaya terus membangun dan menguatkan sinergitas lintas sektoral antar Polres Wonosobo dan Kakankemenag Kab. Wonosobo, Bripka Tri Atmojo Himawan Kanit Intel Polres Wonosobo bersama dua rekannya sambangi ruang media center Kankemenag untuk koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan dibulan Ramadan.
Koordinasi yang dilakukan pada hari Senin (13/4) tersebut disambut baik oleh Humas Kankemenag Kab. Wonosobo Pasa Adi Nugraha. Pasa membersamai ketiga Intel tersebut berbincang-bincang terkait kegiatan dibulan Ramadhan dengan menekankan Surat Edaran Menag RI yakni SE 04 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/ 2021 M. 
Pasa menyebutkan SE Menag memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah berjamaah diluar rumah selama Ramadhan dan Idul Fitri diantaranya seperti salat tarawih dan shalat lima waktu maupun pegajian, “dalam SE disebutkan bahwa kegiatan seperti Peringatan Nuzulul Quran di Masjid/Mushola diperbolehkan dengan pembatasan jumlah yakni maksimal 50?ri kapasitas ruangan dan untuk pengajian paling lama lima belas menit,” ungkap Pasa.
Meski SE tersebut secara garis besar memperbolehkan masyarakat melaksanakan ibadah berjamaah, namun SE tersebut tidak berlaku didaerah yang masuk zona oranye dan merah, “SE tidak berlaku untuk daerah yang masuk zona oranye dan merah. Pelaksanaan ibadah Ramadhan dan idul fitri di zona oranye dan merah tetap mengacu pada ketentuan satgas penanganan Covid 19 setempat,” sambut Pasa.
Terkait hal tersebut, untuk kegiatan dilingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo termasuk masjid Abu Dardiri dapat dijalankan sesuai SE Menag RI, adapun serangkaian kegiatan yang akan dilakukan di masjid Abu Dardiri diantaranya yakni sholat tarawih dan witir, ceramah kegamaan tiap ba’da sholat subuh, kajian kitab kuning, semaan Al Quran bil Ghoib, Tadarus Al Quran, Khotmil Quran, Penerimaan Zakat Fitrah, Sholat Idul Fitri dan Halal bi Halal Seluruh Karyawati Kankemenag Kab. Wonosobo.
Selanjutnya, dalam kesempatan berbeda Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Fpada hari Selasa, (13/4) diruangannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jajaran Polres Wonosobo yang terus melakukan koordinasi dengan Kankemenag Kab. Wonosobo. 
Hal lain Farid sampaikan terkait rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di Masjid Abu Dardiri, demi menunjang kesuksesan kegiatan Takmir Masjid Abu Dardiri Kankemenag Kab. Wonosobo telah mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Kepala, Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, ASN dan Karyawan Kankemenag serta Satker Kankemenag kaitannya dengan rangkaian kegiatan serta Infaq dan Zakat. 
Ia berharap ibadah dibulan Ramadhan dan Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar. Ps-ws/qq