Belum Ada Info Resmi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021

Sukoharjo (PHU) – Belum adanya keterangan informasi resmi mengenai penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 termasuk kuota haji di tahun ini. Hal ini disampaikan Kepala Subdirektorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nasrullah Jasam, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021 di Hotel Syariah Sukoharjo.

“Belakangan ini banyak berita yang muncul terkait kepastian haji termasuk pemberian kuota haji di tahun 2021,” jelas Nasrullah, Senin (29/03).

“Saya sampaikan disini bahwa belum ada keterangan informasi resmi mengenai haji tahun 2021 khususnya terkait dengan kuota haji,” tegasnya.

Nasrullah berharap agar kita dapat memberikan informasi yang utuh kepada masyarakat terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji.

“Sambil menunggu informasi resmi dari Arab Saudi, tetap kita lakukan persiapan-persiapan termasuk dokumen jemaah haji,” imbuh Nasrullah.

“Paspor jemaah haji yang sudah expired agar segera diperbarui karena sesuai data di kami, ada 6000an paspor jemaah haji tahun 2020 yang sudah expired,” ucapnya.

Hadir sebagai Narasumber Kepala Bidang PHU Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Muh Saidun juga berharap agar tidak salah dalam menerima informasi terkait dengan penyelenggaraa ibadah haji.

“Ketika memperoleh informasi dan belum jelas sumbernya jangan terlalu cepat untuk segera di share, segera lakukan klarifikasi dan cari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Saidun.

“Agar seluruh Kasi PHU dapat memberikan informasi yang jelas kepada Jemaah haji dan dapat memetakan profil Jemaah haji yang tertunda tahun kemarin,” tambah Saidun.

Saidun juga mengingatkan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada Jemaah haji agar dapat berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan terkait dan pelaksanaan vaksinasinya tidak hanya sebatas kepada jemaah haji lansia tetapi kepada seluruh jemaah haji tahun 2020.(vd/Sua).