Groundbreaking PAUD Qu Program Unggulan Direktorat PD Pontren Kemenag RI

Wonosobo – Mulai Minggu (4/4) proyek pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Quran atau PAUD Qu di Wonosobo, Jawa Tengah, resmi dimulai. Pembangunan PAUD Qu yang merupakan Salah satu program unggulan Direktorat PD Pontren Kemenag RI sekaligus program yang digaungkan Kankemenag Kab. Wonosobo guna sambut kedatangan Menag di Kab. Wonosobo tersebut ditandai dengan acara peletakan batu pertama (groundbreaking) di lokasi proyek Kalierang, Selomerto, Wonosobo.

Peresmian pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama dihadiri Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi, PLT PD. Pontren Imron Awaluddin (mewakili Kakankemenag), dan beberapa tokoh agama di Kab. Wonosobo.

Selain menjadi penanda dimulainya pembangunan, groundbreaking PAUD Qu menjadi momentum sinergitas lintas sektor dan persiapan yang dikebut Kankemenag Kab. Wonosobo bersama Pondok Pesantren di Kab. Wonosobo guna percepatan realisasi pembangunan PAUD Qu yang dicanangkan sebagai salah satu program jamuan sambut kedatangan Menag bersama Kapolri di Kab. Wonosobo.

Menurut Imron Awaluddin, Pendirian PAUD Qu merupakan salah satu inovasi Kemenag RI dalam rangka percepatan andil mencerdaskan kehidupan bangsa, serta pendidikan Agama Formal yang bisa menjadi pilihan di tengah-tengah masyarakat, “Pendirian PAUD QU lebih khusus di Kab. Wonosobo diharapkan dapat mendongkrak generasi penerus yang Qurani dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Al Quran sejak dini,” ungkap Imron.

Sebelum dilakukan pembangunan Gedung PAUD Qu, Program PAUD Qu lebih dahulu sudah dilaunching dan diresmikan pada bulan Desember 2020 silam dengan tujuan untuk menampung generasi disekitar Ponpes An Nur untuk menempa Pendidikan di usia dini berbasis Al Quran, “kami ingin generasi penerus dilingkungannya pada khususnya mampu menjadi generasi yang Al-Qurani sebagai pondasi kuat pembangunan mental generasi penerus agama islam yang Rahmatan Lil Alamain,” ungkap KH Khoirulloh selaku pengasuh Ponpes An Nur Kalierang.

Sementara itu, Kakankemenag Kab. Wonosobo saat dimintai statement nya pada Hari Senin, (5/4) melalui pesan singkat mengatakan pembangunan dan pelaksanaan PAUD Qu yang merupakan lembaga pendidikan formal yang berada dibawah naungan Kemenag diharapkan sesuai dengan peraturan yang ada, “untuk pelaksanaan dan pembangunan PAUD Qu diharap memperhatikan Peraturan yang berlaku baik itu SK Dirjen Pendis nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjung Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran maupun peraturan lainnya,” ungkap Ahmad Farid selaku Kakankemenag.

Farid menambahkan untuk penjaminan mutu serta akuntabilitas PAUD Qu, Pembinaan dan Evaluasi perlu dilakukan secara berkala, selain itu terkait pengelolaan diharap mampu menerapkan manajemen dan prinsip keadilan, kemandirian, kemitraan dan partisipasi, efisiensi dan evektifitas. Ps-ws/qq