Hiasi Ramadhan dengan Baca Qur’an

KOTA MAGELANG – Puasa adalah kegiatan yang dilakukan untuk menahan diri dari nafsu, mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Bagi seluruh umat Islam yang sudah baligh menjalankan ibadah Puasa Ramadhan merupakan sebuah kewajiban karena puasa termasuk dalam rukun Islam yang ketiga. Melakukan puasa bukanlah sekedar menjalankan perintah agama. Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik saat menjalankan ibadah puasa.

Bulan ramadhan 1442 H / 2021 kali ini dapat diisi dengan membaca Alquran karena itu sangat penting dan besar pahalanya. Selagi diawal bulan Ramadhan, marilah kita membiasakan diri membaca kitab suci Al Qur’an. Salah satu amal kebaikan yang banyak dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Al Quran atau tadarus Al Quran. Membaca Al Quran di bulan Ramadhan memiliki banyak pahala dan keutamaan. Salah satunya janji Allah SWT adalah dikumpulkan bersama malaikat di surga saat di akhirat nanti.

Pada kesempatan ini Kapala Kankemenag Kota Magelang, Sofia Nur mengatakan “Terdapat 3 keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui. Yang pertama adalah memberi syafaat di akhirat, memperoleh kebaikan yang berlipat dan dikumpulkan di surga bersama malaikat”Ungkap Sofia. 

Acara Qur’anan Ramadhan yang digelar di Kementerian Agama Kota Magelang secara rutin setiap hari ini merupakan implementasi dari program Ramadhan yang telah direncanakan sebelumnya. Kagiatan yang dimotori oleh Seksi Bimas Bimas Islam tersebut melibatkan seluruh ASN Kementerian Agama Kota Magelang secara terjadwal. Hari ini Rabu (14/04), di Aula Kankemenag Kota Magelang acara Qur’anan yang diikuti oleh para PAIF dan ASN Seksi Bimas Islam terlaksana dengan hikmat. Acara ini diakhiri dengan do’a penutup oleh Kasi Bimas Islam, Abdurrosyid.  

Harapannya, agar bulan Ramadhan di tahun ini benar-benar meningkatkan ketaqwaan bagi ASN Kementerian Agama Kota Magelang. Selian itu juga menjadi wadah edukasi dalam membaca dan memaknai kitab suci Al Qur’an untuk meningkatkan kulitas keimanan. (HS)