HUT ke-47 Masantuka Kab. Pekalongan

Kab. Pekalongan – Peringatan HUT MTsN 1 Pekalongan ke 47 kali ini benar – benar berbeda dari tahun sebelumnya. HUT MTsN 1 Pekalongan yang jatuh pada Selasa tanggal 16 Maret ini biasanya selalu dirayakan dengan berbagai kegiatan yang meriah, namun di tahun ini semua kegiatan yang dulu menjadi rangkain peringatan HUT Masantuka kini ditiadakan.   

Momen HUT MTsN 1 Pekalongan yang sekarang dikenal dengan Masantuka biasanya juga dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan guru staf karyawan sebagai ajang kreatifitas, momen kebersaman, dan moment merefleksikan diri bagi guru & staf karyawan untuk kembali menyusun action plan kedepan. Hal ini diwujudkan dengan berbagai kegiatan diantaranya perlombaan antar siswa dan guru, jalan sehat, Istighotsah dan pengajian umum.

Namun di tahun ini ramai riuh suara siswa tidak ada, perlombaan dan jalan sehat juga ditiadakan, hal ini terjadi karena negara kita sedang mengalami musibah Covid-19 dan bahkan musibah ini sudah mendunia. Untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini maka sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah, MTsN 1 Pekalongan menerapkan protokol kesehatan di madrasah, sehingga sudah 1 tahun lebih proses pembelajaran, interaksi antar siswa dan guru dilakukan tidak secara langsung tetapi melalui daring.

Walaupun situasi dan kondisi saat ini tidak memungkinkan seperti tahun tahun biasanya, alhamdulilah peringatan HUT MTsN 1 Pekalongan tahun ini tetap bisa dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Peringatan HUT Masantuka tahun ini 16 Maret 2021 diisi dengan Istighotsa dan Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dengan pembicara Kyai Kholilurrohman guru MTsN 1 Pekalongan dan kegiatan ini diikuti dengan hikmad dan khusyuk oleh seluruh guru dan staf karyawan MTsN 1 Pekalongan.

Dalam kesempatan ini H. Mukhlisin selaku Kepala Madrasah juga memberikan pembinaan dan arahan  kepada seluruh guru dan staf karyawan MTsN 1 Pekalongan untuk terus meningkatkan kinerja dan tanggung jawabnya dalam membimbing, mendampingi serta mendidik siswa agar semakin berprestasi dan berakhlak baik.

“Dikesempatan ini ijinkan saya untuk terus mewanti wati agar seluruh keluarga besar madrasah tetap bergandengan tangan dalam memajukan pendidikan di Madrasah, lebih-lebih di masa pandemi seperti ini. Karena di masa pandemi seperti ini banyak hal baru yg terjadi, pendidikan pun dituntun untuk terus mengupdate menyesuaikan dengan kondisi yangg ada. Hal ini tidak mudah, butuh upaya lebih untuk terus berkembang dan mengudate diri agar pembelajaran tetap berjalan secara maksimal walaupun tidak bertatap muka secara langsung”, demikian tutur  Kepala Madrasah.

Kegiatan semacam ini sangat perlu untuk terus digalakkan dan mendapat dukungan. Selain dapat mengasah keterampilan siswa, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk lebih mendekatkan antar siswa dan guru serta membangun kebersamaan seluruh elemen yg ada di madrasah.

Semoga negara kita kembali sehat seperti sedia kala, sehingga kita dapat menjalakan aktifitas seperti biasanya. Aamiin. (Ka/Ant/bd)