Inpasing Jabatan Fungsional Tertentu : Tiga ASN Kemenag Wonosobo Dilantik Secara Virtual

Wonosobo – Usai mengikuti uji kompetensi penyesuaian atau Inpassing Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Pranata Keuangan APBN, dan Penata Laksana Barang, serta berdasarkan surat yang dilayangkan oleh Sekjen Kemenag RI tertanggal 30 Maret 2021 nomor : 0718/SJ/B.III.1/KP.07.6/03/2021 perihal Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Pranata Keuangan APBN, dan Penata Laksana Barang, Tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kab. Wonosobo ikuti pelantikan secara Virtual.

Ke tiga ASN Kankemenag Kab. Wonosobo dilantik bersama 1.731 ASN di seluruh Indonesia secara virtual lantaran situasi saat ini masih dilanda pandemi covid19 dan 25 ASN hadir secara fisik sebagai simbolis mewakili ASN lainnya. Hal tersebut dilakukan karena tidak memungkinkan keseluruhan peserta untuk diundang secara langsung karena memperhatikan protokol kesehatan.

Selanjutnya dalam arahannya Sekjen Kemenag RI Nizar Ali mengatakan, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ke dalam jabatan fungsional tertentu dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pengawai Negeri Sipil yang ditegaskan dalam pasal 87.

Nizar Ali beberkan, ASN yang dilantik sejumlah 1756 orang terdiri dari 257 analis pengelolaan keuangan APBN, 1303 Pranata Keuangan APBN, 29 Penatalaksanaan, 4 Analis Anggaran, 141 Arsiparis, 20 Perencana dan 1 Orang Asesor SDM Aparatur.

Dari formasi tersebut, tiga ASN Kankemenag Kab. Wonosobo dilantik sebagai Analis Pengelolaan Keuangan APBN atas nama Dani Novita Sari dan posisi sebagai pranata Keuangan APBN diemban oleh Sumiyati dan Yuli Suroso.

Saat pelantikan berlangsung, Kasubag TU Kankemenag Kab. Wonosobo Mahbub, mendampingi ketiganya untuk diambil sumpah jabatan. Selanjutnya selesainya pengambilan sumpah Mahbub memberikan ucapan selama kepada ketiga ASN tersebut sembari menyampaikan harapannya agar ketiganya yang sudah dilantik dari JFU ke JFT dapat mengemban tugas secara optimal.

Sementara itu dilain kesempatan saat dihubungi melalui pesan Whatsapp Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid pada hari Senin, (5/4) yang tengah berada di solo dalam acara rakernas menyampaikan ucapan selamat kepada ketiganya dan berharap dengan jabatan baru yang diemban dapat dijalankan sebagaimana fungsi dan tugasnya berdasarkan keahlian yang dimiliki, “jalankan tugas baru dan posisi baru tersebut sesuai keahlian dan keterampilan tertentu sebagaimana diatur dalam undang-undang maupun peraturan yang berlaku,” ungkap farid.

Farid berpesan, dengan semangat baru diharap dapat mewujudkan pengelolaan keuangan yang semakin profesional dan akuntabel untuk terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabilitas. ps–ws/qq