Ka. Kanwil : Jaga Kerukunan Umat Beragama Melalui Penguatan Moderasi Beragama

Wonogiri – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonogiri mengikuti kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Kamis (1/4) secara daring atau zoom metting dari kesekretariatan FKUB Wonogiri.

Hadir dari FKUB Kabupaten Wonogiri, H. Sutopo Broto (ketua), H. Mursyidi (unsur sekretaris), Lilik Dwi Sularyanto (Unsur Katolik), Pdt. Agus Teofilus Agus (unsur Kristen), Pandito. Sakiran (Unsur Budha)

Dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Musta’in Ahmad sebagai salah satu nara sumber mengajak generasi muda lintas agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng beserta seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama di Jawa Tengah melalui penguatan moderasi beragama.

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam pembinaan dan sambutannya menyerukan ajakan bersatu melawan aksi radikalisme dan terorisme, dengan mengajak FKUB gencar memberikan visualisasi kerukunan antar umat beragama di Jawa Tengah kepada masyarakat luas.

“Semua sepakat bahwa kita tidak suka kekerasan. Kita semua sepemikiran, bahwa Indonesia butuh perdamaian. Maka dari itu, saya mengajak FKUB untuk bareng-bareng menyampaikan pada publik tentang kerukunan umat beragama di Jawa Tengah ini,” kata Ganjar di Aula Cendrawasih, Badan Kesbangpol Jateng.

Menurutnya, sikap saling menghormati, tolong-menolong tanpa membedakan suku, agama dan ras, sudah berjalan sejak lama di Jawa Tengah. Namun selama ini, hanya sedikit yang muncul ke publik, sehingga kebaikan itu tertutupi.

“Rasa cinta itu ada dan bersemi di Jawa Tengah. Itu yang mesti kita tunjukkan. Bukan kebencian-kebencian dan keburukan-keburukan seperti yang sering terjadi. Maka kita butuh menyebarkan kebaikan-kebaikan itu pada masyarakat secara masif,” ucapnya.

Ganjar berharap momentum Paskah dan Ramadan yang sebentar lagi dirayakan, menjadi langkah awal yang tepat untuk menunjukkan keguyuban dan narasi yang baik kepada masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Ketua FKUB Kabupaten Wonogiri, H. Sutopo Broto sangat mendukung langkah tersebut di atas, di daerah akan segera menindaklanjuti dengan melakukan himbauan dan sosialisasi sampai kepada para tokoh lintas agama.(mursyid/Sua)