Kakan Kemenag Kendal Monitoring Pelaksanaan UM di MTs NU 08 Gemuh

Kendal – Monitoring pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 MTs NU 08 Gemuh dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus dalam rangka memastikan pelaksanaan UM tingkat Tsanawiyah berlangsung sesuai SOP, Jumat (9/4).

Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor : B-298/DJ.I/PP.00/02/2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 pada masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan memperhatikan SK Dirjen Pendis Nomor 752 Tahun 2021 tentang POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, maka sebagai lembaga penyelenggara pendidikan di bawah naungan Kemenag, madrasah harus menjamin standarisasi, efektifitas dan kelancaran penyelenggaraan Ujian Madrasah.

Dalam kunjungannya, Kakankemenag H. Mahrus mengingatkan kembali tanggungjawab madrasah dalam menyelenggarakan ujian sebagai metode untuk mengukur kemampuan peserta didiknya. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai seberapa jauh pengetahuan siswa menguasai ilmu dan ketrampilan yang sudah diberikan. Pentingnya pelaksanaan ujian madrasah harus dilaksanakan sesuai standar, mengingat hasil ujian akan menentukan masa depan siswa pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah (POS UM) disusun untuk digunakan sebagai panduan bagi guru, kepala Madrasah, pengawas, pengelola pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan ujian madrasah. Namun demikian kami perlu memastikan bahwa prakteknya dalam pelaksanaan UM terselanggara dengan baik, efektif dan efisien,” terang Mahrus.

Selaku kepala Madrasah, Tsien Tsuwayroh menyampaikan bahwa pada Tahun Pelajaran 2020/2021 ini MTs NU 08 Gemuh melaksanaan Ujian Madrasah dalam bentuk ujian tertulis. Dengan jumlah peserta ujian sebanyak 186 orang siswa yang terbagi menjadi 10 ruangan, pelaksanaan UM dilakukan sesuai standar pembelajaran tatap muka dimasa pandemi. Jarak tempat duduk siswa diatur sedemikian rupa, pihaknya juga mewajibkan peserta ujian, pengawas dan semua warga madrasah mematuhi protokol kesehatan 5M.

“Pelaksanaan ujian madrasah di MTs NU 08 Gemuh berjalan lancar, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya untuk mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya. (bel/rf)