Wonosobo – Hari pertama April 2021, MAN 2 Wonosobo gelar sosialisasi uji coba pembelajaran tatap muka. Dihadiri berbagai tokoh masyarakat, kegiatan berlangsung lancar di Gedung Olahraga MAN 2 Wonosobo. Satgas Covid-19 Wonosobo, Kepala Kankemenag Wonosobo, Kepala Puskesmas Wonosobo dan Mojotengah, Camat, Kapolsek Mojotengah, serta sebagian orang tua/wali murid dan komite juga turut hadir dalam acara tersebut.

MAN 2 Wonosobo menjadi salah satu sekolah dari 5 sekolah yang menjadi uji coba pembelajaran tatap muka di Jawa Tengah bersama SMAN 1 Wonosobo, SMKN 1 Wonosobo, SMPN 1 Kertek, dan MTsN 1 Wonosobo. Guna menyukseskan uji coba pembelajaran tatap muka tersebut, madrasah sudah menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. 56 tempat cuci tangan beserta sabun, handsanitizer, 2 unit alat disinfektan telah disiapkan dengan baik. Berbagai gambar untuk sosilasisasi, edukasi juga telah disiapkan di berbagai titik agar protokol kesehatan senantiasa terjaga selama uji coba pembelajaran tatap muka.

Prihantoro Achmad kepala MaN 2 Wonosobo menyampaikan, “Banyak hal sudah kami Siapkan agar protokol kesehatan dan 5M tetap terjaga. Kami berharap kegiatan ini dapat sukses agar nantinya semua siswa dapat masuk secara normal setelah uji coba ini selesai,” kata Prihantoro

“Kami akan mengadakan simulasi terlebih dahulu kepada seluruh civitas akademika, agar pada saat uji coba pembelajaran tatap muka seluruh komponen madrasah sudah siap,” tandas Prihantoro.

Senada dengan kepala MAN 2 Wonosobo, Ahmad Farid kepala Kankemenag Wonosobo berharap semoga uji coba ini lancar sehingga siswa dapat masuk sebagaimana mestinya. Siswa juga mendapatkan hak utuh, guru dapat berekspresi kembali setelah satu setengah tahun tidak ada pembelajaran. 

Menanggapi kesiapan MAN 2 Wonosobo, Farid menekankan agar kurikulum dan sarana prasarana disiapkan semaksimal mungkin sehingga uji coba tersebut menjadi teladan yang baik terkait dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan dan 5M. 

Pihak pemerintahan Kecamatan menyambut baik dengan adanya pembelajaran tatap muka di MAN 2 Wonosobo. Camat Mojotengah dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa masyarakat sudah rindu dengan pembelajaran tatap muka. “Berbagai masyarakat harus turut andil dalam kesuksesan pembelajaran tatap muka tersebut terutama orang tua. Orang tua harus bersama-sama mengajak untuk mematuhi protokol kesehatan,” tutur Pandu.

 

Agus Suyanto selaku Satgas Covid-19 Wonosobo menyatakan pembelajaran tatap muka bukan masalah di pembelajarannya. Agus menegaskan, bagaimana merubah perilaku adaptasi kebiasaan baru, dimana setiap guru dan tenaga kependidikan bisa menerapkan 5M. Sekolah harus lengkap sarana prasarananya, mematuhi protokol kesehatan, termasuk tidak boleh merokok. Agus berharap agar nantinya MAN 2 Wonosobo dapat lulus uji coba sehingga dapat berlanjut menjadi pembelajaran tatap muka.

Sosialisasi diakhiri dengan laporan kesiapan MAN 2 Wonosobo oleh Wakil Kepala bagian Kurikum, Rofingul Khusnu Karim. Rofingul melaporkan sejumlah 108 peserta didik yang terbagi dalam enam kelas siap melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Tata cara pembelajaran selama uji coba juga dijelaskan termasuk peserta didik harus menggunakan masker, faceshield, membawa handsanitizer, dan sebagainya.

Orang tua peserta didik menyambut positif dengan kegiatan tersebut, mengingat pembelajaran sudah lama dilaksanakan dengan daring. Semoga dengan uji coba pembelajaran tatap muka berlangsung sukses. Orang tua yang tidak dapat hadir di madrasah juga dapat menyaksikan sosialisasi pembelajaran tatap muka di channel youtube MAN 2 Wonosobo. Ab_ws/qq

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist