Menunaikan Ibadah Haji Tidak Harus Menunggu Dewasa, Kuatkan Niat Sejak Usia Dini

Magelang – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Zainal Fatah menerangkan pentingnya anak-anak mempunyai niat yang kuat sejak dini/usia sekolah untuk menunaikan haji. Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Siswa Madrasah di Aula MAN 1 Magelang, Kamis (25/3/2021).

“Anak-anak harus mempunyai azam yang kuat berkeinginan untuk berangkat haji, setelah itu melakukan usaha dengan menabung, keinginan yang kuat disertai doa yang akan nantinya akan mewujudkan niat itu, terserah Alloh mau memberangkatkan kapan, lebih baiknya doa tersebut diiringi shalawat ibarahim yang sudah sering kita baca saat shalat,” jelas Zainal Fatah.

Lebih lanjut Zainal Fatah menuturkan, ibadah haji adalah termasuk rukun islam yang kelima, menjadi sempurna islam seseorang setelah menunaikan haji “Rukun islam yang pertama membaca shahadat kita sudah lakukan, shalat juga sudah, zakat juga sudah, melaksanakan puasa juga sudah, berangkat haji ini banyak yang mungkin belum bisa dilaksanakan, kita perlu bersungguh-sungguh agar kita menjadi mampu untuk menjalankan,” ungkapnya.

Agar para siswa memahami hal-hal terkait penyelenggaraan ibadah haji, Zainal Fatah menerangkan bahwa penyelenggaraan haji tidak hanya tanggungjawab Kementerian Agama saja, ada berperan dan keterlibatan pihak-pihak lain dalam pemberangkatan haji diantaranya keterlibatan Pemeriantah Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Imigrasi, Kepolisian dan lainnya.

“Dalam penyelenggaran kebernagkatan jamaah haji kita bekerjasama dengan dinas-dinas terkait antara lain Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang, Dinas Kesehatan untuk memastikan kesehatan jamaah, Kepolisian untuk menjamin keamanan pemberangkatan dan kepuklangan, Dinas Imigrasi dalam pembuatan passport jamaah,” katanya.

“Walaupun ada keterlibatan banyak pihak dalam penyelenggaraan ibadah haji, namun jika terjadi kesalahan atau kekurangan dalam penyelenggaraan misalnya soal kesehatan jamaah ataupun soal passport yang belum jadi karena sesuatu hal namun Kementerian Agama yang akan nilai oleh masyarakat, bagaimana ini Kementerian Agama melayani masyarakat dalam pelayanan haji,” ungkap Zainal Fatah.

Memperkenalkan ibadah haji dan penyelenggaraan haji bagi anak-anak dapat menumbuhkan semangat untuk niat melaksanakan haji yang merupakan salah satu rukun islam kelima, dan lebih jauh dapat itu dapat menumbuhkan kecintaan beribadah kepada Alloh SWT.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 siswa-siswi boarding school atau sekolah dengan tinggal di asrama, selain itu dihadiri kepala MAN 1 Magelang Ali Masyar juga diikuti oleh guru-guru madrasah tersebut (Toy/Sua).