Pengukuhan Pengurus APRI, H. Cahyo Ingatkan Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Prima

Wonogiri – Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Cahyo Sukmana mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Wonogiri masa bakti 2020-2024. Pengukuhan pengurus ini berlangsung Gedung Pertemuan RM. Alami Sayang Ngadirojo, Wonogiri, Rabu (07/04). Turut hadir Kasi Bimas Islam, Pengurus Wilayah APRI Jawa Tengah dan para penghulu.

H. Cahyo Sukmana dalam sambutannya  mengatakan, sebagai instansi pembina, Kemenag diberi amanah untuk memberikan pembinaan kepada penghulu, baik jabatannya maupun organisasi profesinya. Untuk itu, pihaknya meminta penghulu untuk selalu menjaga kode etik profesi, di antaranya menjaga marwah Kemenag dan kehormatan profesi sebagai seorang penghulu.

Beliau mengapresiasi kegiatan pengukuhan APRI ini, “Saya ucapkan selamat kepada pengurus, semoga menjadi sarana melaksanakan tugas penghulu yang lebih baik di masa-masa mendatang” Pesannya.

Ka. Kankemenag berharap ada optimalisai dan revitalisasi peran penghulu terkait peningkatan kinerja dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.

Menurutnya, sebagai jabatan profesi, penghulu harus mengedepankan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. “Profesional itu bekerja menggunakan ilmu pengetahuan, bukan perasaan atau intuisi,” ujar dia.

Penghulu juga harus bekerja dengan menjunjung tinggi etika moral yang tumbuh di masyarakat, jangan sampai ada penghulu yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, baik yang melanggar aturan hukum maupun pelanggaran moral dan etika.

“Mengingat KUA sebagai ujung tombak Kantor Kementerian Agama untuk selalu memberikan pelayanan yang  prima kepada masyarakat” Pungkas H. Cahyo.(Mursyid/Sua)