Persiapan Ibadah Sholat Tarawih Pertama Masa Pandemi Covid-19

Kota Magelang. Dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, sholat tarawih dan tadarus Al Qur'an menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan Ramadhan. Untuk itu Kepala kantor Kementerian Agama kota Magelang melakukan monitoring kesiapan masjid dalam pelaksanaan ibadah sholat tarawih,Selasa (13/4)

“Masjid menjadi perhatian penting dimasa Pandemi Covid-19 saat pelaksanaan shalat tarawih sehingga penting monitoring kondisi masjid” kata Sofia

Sholat tarawih sudah diperkenankan hanya saja perlu menyiapkan protokol kesehatan dari sarana  cuci tangan, jaga jarak antara jamaah, dan pengkondisian ketika pelaksanaan sholat. Melihat kondisi perkembangan Covid-19, tidak semua masjid dan mushola melaksanakan sholat tarawih berjamaah karena kota Magelang masih ada beberapa daerah yang terdampak, untuk itu masjid dan musholla yang zona hijau yang melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Kegiatan monitoring dilaksanakan di masjid Baitunnur, jl. Urip Sumoharjo kota Magelang dan masjid Agung kota Magelang. Saat monitoring Kakankemenag diterima takmir masjid Baitunnur Sujudi  dan di masjid Kauman diterima oleh Kyai Sihabuddin selaku takmir masjid didampingi Imam masjid Kyai Adib. Turut hadir Penyuluh Agama Islam Magelang Utara Wihdatul, penyuluh Magelang Tengah Titik dan karomah serta didampingi Gara Zawa Abdul Haris.

Dalam penjelasan takmir dan imam masjid menjelaskan bahwa masjid yang dikelola telah melaksanakan protokol kesehatan dan sarana lengkap sesuai dengan himbauan pemerintah daerah maupun pusat.

Dengan adanya monitoring diharapkan pelaksanaan sholat tarawih berjamaah dapat terlaksana dengan baik dan jamaah memahami kondisi yang sedang terjadi serta takmir dan pengelola masjid memberikan informasi dan layanan ibadah yang sesuai dengan peraturan.(Wahono)