PPDB 2021 MTs N Surakarta 1 Optimalkan IT

Surakarta – MTsN Surakarta 1 menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk kelas Sains Asrama (SA), Sains Non Asrama (SNA), dan Tahfidzul Quran pada tanggal 8 Februri 2021 sampai dengan 8 Maret 2021 secara daring. Pelaksanaan PPDB tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi Covid-19 belum mereda. Perbedaan PPDB tahun ini terletak pada cara pendaftaran, waktu pendaftaran, pelaksanaan tes, bahkan nama program kelas pun berbeda. Meskipun terdapat beberapa perubahan, animo masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya bersekolah di MTsN Surakarta 1 masih cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pendaftar hampir 500 peserta.

“PPDB tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Perbedaan tersebut dikarenakan  ada regulasi peraturan yang baru sehingga nama program yang semula Program Khusus (PK) dan Program Fullday (FD) berubah menjadi Sains Asrama (SA) dan Sains Non Asrama (SNA). Pelaksanaan pendaftaran tahun lalu digelar secara luring kalau tahun ini secara daring karena masih dalam kondisi pandemi dengan rentang waktu 1 bulan. Pelaksanaan seleksi calon peserta didik pada tanggal 13-18 Maret 2021 dengan Computer Based Test (CBT) secara bergelombang di MTsN Surakarta 1  dan menerapkan protokol kesehatan. Materi yang diteskan untuk Program Sains Asrama dan Sains Non Asrama adalah tes akademi yang meliputi mata pelajaran  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Baca Tulis Alquran. Untuk program Tahfidzul Quran (TQ) materi tes tersebut ditambah dengan tes hafalan dan baca Quran,” jelas Joko Susilo, Koordinator Pendaftaran PPDB. “Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan PPDB Program Sains dan TQ tahun ini, meski ada perbedaan dalam pelaksanaannya. Dengan kondisi seperti ini kita malah bisa belajar untuk menyikapi berbagai kondisi,” imbuhnya.

 Hasil seleksi PPDB  diumumkan secara daring pada tanggal 20 Maret 2021 melalui laman web MTsN Surakarta 1 mulai pukul 08.00. “Mengingat kondisi pandemi seperti ini, maka panitia PPDB MTsN Surakarta 1 memutuskan untuk mengumumkan hasil seleksi secara daring. Selain diumumkan di laman web MTsN Surakarta 1, hasil seleksi juga bisa diakses melaui media sosial MTsN Surakarta 1 yaitu Facebook dan Instagram,” tutur Edi Hartanto, Ketua Panitia PPDB 2021. “Tahun ini total ada 485 pendaftar  dan seluruhnya mengikuti tes dan yang diterima 196 peserta dengan rincian 56 peserta Program SA, 112 peserta Program SNA, dan 28 peserta Program TQ,” imbuh Hartanto.

“Alhamdulillah, putra saya diterima di program Sains Asrama. Saya juga sangat bersyukur hasil tes seleksinya berada di urutan pertama,” ucap Anis Sarwanto wali siswa dari Elang Mahardika Ar’rayan dari SD Ta’mirul Islam. Selain menduduki peringkat pertama dalam tes seleksi PPDB MTsN Surakarta 1, capaian prestasi Elang yang lain diantaranya adalah juara 1 Olimpiade Pelajar Tingkat Nasional. “Semoga Elang dapat membawa MTsN Surakarta 1 semakin hebat bermartabat,” harap Anis. (Diana/Duwi/bd)