Rapat Koordinasi Pembangunan Zona Integritas Kankemenag Kab. Wonosobo

Wonosobo – Pada hari Senin, (5/4) Kankemenag Kab. Wonosobo selenggarakan rapat koordinasi (rakor) pembangunan zona integritas (ZI) yang dihadiri oleh Ka Subag TU, Kasi, dan ASN di lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo.

Rapat diawali dengan pemaparan Resume materi pendampingan pembangunan ZI dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan dilanjutkan pemaparan oleh pokja perubahan yang menjelaskan terkait program beberapa program diantaranya yakni pemberian reward serta punishmen. Selanjutnya pemaparan pokja pengawasan yang menjelaskan terkait beberapa program penguatan pengawasan yang meliputi pengendalian gratifikasi, penerapan SPIP, Pengaduan Masyarakat, Whistleblowign System, dan Penanganan peraturan benturan kepentingan.

Dalam kesempatan tersebut Kasubag TU Kankemenag Kab. Wonosobo Mahbub menyampaikan adapun fokus dari rakor ZI yakni guna membahas terkait progres pembangunan ZI di lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo, “tujuan kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana progress capaian pembangunan ZI untuk mewujudkan kualitas pelayanan public yang prima dan lebih baik kedepannya,” ungkap Mahbub.

Sementara itu, menurut keterangan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Wonosobo Imron Awaludin saat ditemui diruangannya pada Selasa, (6/4) mengatakan, ZI yang ada di Kankemenag hanya melibatkan internal Kankemenag, berbeda dengan instansi lain yang sudah melibatkan pihak eksternal dalam pembangunan ZI, “beberapa instansi lain dalam pengembangan ZI telah melibatkan pihak eksternal misalnya seperti Kantor Imigrasi yang dalam pencanangan pembangunan ZI dihadiri Ombudsman wilayah Jateng dan Muspida Kab. Wonosobo. Sementara Kankemenag belum sampai tahap itu, harapannya kedepan ZI Kankemenag bisa melibatkan pihak eksternal seperti yang dilakukan Kanim.” ungkap Imron Awaludin

hal lain Imron sampaikan terkait program kerja yang disampaikan pada saat rakor berlangsung, dapat dituangkan secara tertulis dan disampaikan kepada pelaksana agar bisa disosialisasikan terkait pembangunan ZI di Kab. Wonosobo.

Sementara itu saat diminta keterangannya Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid yang berhalangan hadir lantaran dinas luar kota menyampaikan agar tim ZI mampu mengoptimalkan perannya dan bekerja keras dan tuntas dalam kaitannya optimalisasi ZI, “diharapkan seluruh tim ZI dapat bekerja secara efektif, dan efisien serta bekerja secara kolektif kolegial saling bersinergi untuk optimalisasi ZI,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan beberapa program yang sudah dipaparkan tersebut, keseluruhannya dapat dijalankan secara tuntas. Ps-ws/qq