Rukyatul Hilal Kanwil Kemenag Prov. Jateng 1442H di MAJT

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jateng menggelar Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1442 H hari ini Senin, 12 April 2021 di menara Al Husna Lantai 19 Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menjadi salah satu titik dari 10 titik rukyatul hilal di Jawa Tengah.

Hadir dalam acara Kabid Urais, Muh. Arifin,  Kepala Pengelola MAJT, Prof. Noor Ahmad, dan Tim Rukyatul Hilal Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Hadir pula Kepala Bagian Tata Usaha, Fajar Adhy Nugroho menyampaikan pesan dari Kakanwil Kemenag Jateng, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas Kemenag.

“Representasi pemerintah dalam hal ini,  kegiatan Hisab Rukyatul Hilal awal Ramadhan yang dilaksanakan hari ini merupakan tugas Kemenag yang digawangi oleh Ditjen Bimas Islam,” tutur Kabag TU.

“Apapun hasilnya Bilal terlihat atau tidak terlihat akan dilaporkan kepada Bimas islam sebagai bahan sidang isbat awalan Ramadhan,” imbuhnya.

Mewakili Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Fajar Adhy Nugroho memimpin langsung Rukyatul Hilal di MAJT yang dilakukan sesuai protokol kesehatan, sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di menara Al Husna. Pelaksanaan kegiatan ini juga disiarkan secara streaming di youtube Kanwil Kemenag Jateng.

Sementara itu Pemerintah pusat telah menetapkan awal Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jlm. MH Thamrin, Jakarta. 

“Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, selasa 13 April 2021,” tutur Menag di Jakarta, Senin (12/4/2021). (bn/qq)