Sarasehan Bendahara BOS, Kemenag Kendal Jalin Keakraban Bersama Bendahara Madrasah

Kendal – Jalin keakraban bersama bendahara madrasah pengelola BOS, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Pendidikan Madrasah menyelenggarakan sarasehan bernuansa kekeluargaan, Rabu (7/4).

Tujuan kegiatan ini untuk sharing dan bertukar pikiran dalam memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh bendahara madrasah. Mengingat tugas bendahara adalah membantu kepala madrasah dalam menyusun, mengelola dan mempertanggung jawabkan semua pengeluaran keuangan madrasah, hal tersebut merupakan bentuk transparansi dalam pengelolaan keuangan sebuah lembaga.

Oleh sebab itu Kasi Pendidikan Madrasah, Mukhamad Muslikhan menekankan prinsip transparansi dan kejujuran dalam pertanggung jawaban keuangan harus tetap dijunjung tinggi. Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan.

“Koordinasi bendahara madrasah dengan Kepala Madasah harus terjalin dengan baik didalam mengatur segala bentuk keuangan di madrasah, karena sebuah lembaga tidak akan berjalan dengan baik kalau kebijakan dan pengelolaan anggarannya kurang baik,” tegasnya.

Lebih jauh Kasi Pendidikan Madrasah, Mukhamad Muslikhan menyoroti penyajian anggaran. Menurutnya,  semua komponen dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) harus terurai dengan jelas dan tentunya tetap mengacu pada juknis dana BOS. Untuk mewujudkan itu semua, diharapakan kerjasama dari Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator. Dengan demikian, maka laporan pertanggungjawaban akan selesai tepat waktu dan proses pencairan selanjutnya juga akan tepat waktu.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah pendampingan tentang penggunaan dan pelaporan dana BOS di madrasah sehingga tercipta transparansi pengelolaan dana BOS,” imbuhnya. (bel/rf)