Sukarno Ajak FKUB Jadi Agen Moderasi Beragama

Tegal (Slawi) – Dalam Musda FKUB Kab. Tegal, yang digelar pada Senin (1204/2021) di Aula Al Ikhlas Kemenag Kab. Tegal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, mengajak seluruh anggota FKUB Kab. Tegal untuk menjadi agen moderasi beragama. Hal itu disampaikan mengingat peran penting FKUB di tengah-tengah masyarakat dalam menjaga  toleransi dan kerukunan umat beragama.

           Menurut Sukarno, salah satu program unggulan Menteri Agama adalah pembangunan moderasi beragama. Program ini bisa  berhasil bila didukung oleh seluruh elemen yang ada dalam masyarakat. Moderasi harus menjadi gerakan bersama, bukan sekelompok atau segelintir orang saja.

            “FKUB yang merupakan forum kerukunan umat beragama, mempunyai fungsi yang sangat sentral dalam mewujudkan moderasi beragama itu. Bahkan bisa dikatakan bahwa FKUB adalah ujung tombak pelaksanaan pembangunan moderasi  beragama. Karena itu saya mengajak semua yang menjadi anggota FKUB untuk secara sadar juga menjadi agen moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat,” ajak Sukarno.

            Musda FKUB yang bertujuan untuk mengadakan pemilihan pengurus FKUB periode 2021-2026 itu, juga dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Tegal, Abasari. Dalam sambutannya mewakili Bupati Tegal, Abasari berharap agar kepengurusan baru segera terbentuk sehingga FKUB segera bisa bekerja menjalankan fungsinya.

            “Atas nama Pemerinta Daerah Kabupaten Tegal saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama yang telah bekerja dengan baik dan telah memberikan laporan pertanggungjawaban. Saya berharap kepada pengurus lama yang terpilih kembali untuk bersedia melanjutkan segala program pengurus lama yang masih relevan dan mari bersama-sama mewujudkan pembangunan moderasi beragama di Kab. Tegal,” sambut Abasari.

            Musda akhirnya menghasilkan kepengurusan baru periode 2021-2026 yang diketuai oleh H. Badrodin, yang didampingi oleh dua orang wakil ketua, yaitu H. Nurkholis dan Pendeta Sugeng Prihadi. Sekretaris 1 dijabat oleh M. Syafiq Zuhri dan sekretaris 2 dijabat oleh Dody Haksman Adi. Sementara untuk bendahara dijabat oleh Sunarni. (AS/qq)