Tarhib Ramadhan Bekal Berharga Menyambut Ramadhan

Kota Magelang – Kementerian Agama Kota Magelang dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,mengadakan Tarhib Ramadhan dengan tema “Bekal Berharga Menyambut Ramadhan”. Acara ini diadakan di gedung Auditorium Unimma (Universitas Muhammadiyah) Kota Magelang, dengan di hadiri sekitar 60 orang pelajar pengurus Rohis jenjang SMA SMK dan MAN se Kota Magelang dan perwakilan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) pada jenjang SMA SMK dan MAN se Kota Magelang. Hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya Kasi Pakis Kemenag Kota Magelang H Fathurrohim, yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, Kita sambut dengan bergembira dan suka cita, yang penuh semangat untuk memetik panen di bulan yang penuh berkah, karena pintu-pintu Surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu Neraka ditutup serapat-rapatnya. “Ada beberapa kejadian yang luar biasa dibulan Ramadhan diantaranya yaitu perbebasan Kota Makkah, dalam peristiwa penting bagi Islam, adalah saat di mana Islam pada akhirnya menguasai Mekkah. Bisa menduduki Mekkah adalah cita-cita kaum Muslimin sejak dulu sekali, yang baru bisa terlaksana setelah mengalami banyak peristiwa” pungkas Fathurrohin dalam mengahiri sambutannya.Minggu(11/04)

M Tohirin, Wakil Rektor 3 Unimma dalam sambutannya bahwa ada suatu momen yang sangat penting yaitu diturunkan Al Qur’an oleh  Allah kepada Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir, yang didalamnya ada ayat yang menyuruh kita untuk berpuasa, dibulan Ramadhan bulan yang penuh berkah. “Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah, bulan seribu bulan, diantara orang akan dimulyakan oleh Allah yaitu orang yang biasa dengan ikhlas membaca Al Qur’an”Jelas M Tohirin.

Karena keterbatasan tempat dimasa pandemi Covid-19 kegiatan juga bisa dilihat melalui Zoom yang kurang lebih sekitar 250 siswa dan guru PAI. Kantor Kementerian Agama Kota Magelang berkesempatan menggandeng AGPAII dan Rohis pada sekolah jenjang SMA SMK dan MAN se Kota Magelang, bersama pembimbing rohani islam mulai menanamkan nilai-nilai agama sejak dini dan dalam ajaran kebenaran untuk kesadaran toleransi beragama, untuk menangkal radikalisme, penggunaan teknologi informasi yang mengedapankan pada penguatan moderasi beragama untuk generasi muda. Kemudian selain kegiatan tarhib ramadhan, Rohis Kota Magelang  juga melakukan kegiatan ramadhan diantaranya setiap sore selama bulan puasa akan membagikan takjil buka puasa yang rencana di Kantor Kemenag Kota Magelang. Harapan yang positif dengan kegiatan tersebut diatas dapat membangun semangat generasi muda dalam kegiatan positif dan memberikan dampak yang baik untuk generasi muda yang lain.(Ismahir)