Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan Ujian Madrasah

Kota Magelang – Mewujudkan madrasah yang berkualitas dan bermartabat dengan memberikan ujian untuk mengevaluasi hasil pembelajaran dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah. Demikian disampaikan Arif Yudha Himawan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Magelang saat monitoring Ujian MTs di Kota Magelang, Kamis (01/04).

“Kualitas dari pembelajaran yang dilaksanakan tahun 2020 dimasa pandemi akan dapat diukur dengan pelaksanaan ujian” Kata Arif

Mengingat pembelajaran masih daring dan belum dapat dilaksanakan secara luring. Ujian ini sudah yang kedua kalinya pada tahun ini masih di masa yang sama. Untuk itu antisipasi dan komunikasi dengan peserta didik dalam pelaksanaan ujian sangat penting dilakukan oleh panitia ujian.

“Kontrol saat pelaksanaan ujian kepada peserta didik dilakukan secara intens agar dapat melaksanakan ujian dengan baik” Jelas Arif

Pelaksanaan monitoring Ujian Madrasah tingkat MTs di MTsN 2 Kota dengan jumlah peserta sebanyak 174 siswa, untuk pelaksanaan Ujian Madrasah di MTs Al Iman dengan jumlah peserta sebanyak 134 siswa. Pada hari pertama dapat dilaksanakan dengan lancar.

Dengan evaluasi pembelajaran dimasa daring dan ujian daring memberikan kerja ekstra panitia, mengingat ujian akan terganggu dengan kualitas sinyal jaringan.  Dengan pengecekan secara intern kepada perserta didik tujuannya agar peserta didik dapat melaksanakan ujian dengan lancar dan tidak mengalami kendala.

Harapan kedepan peningkatan kualitas yang disiapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri maupun swasta, pembelajaran dan evaluasi dapat sesuai dengan harapan tidak mengurangi kualitas saat pembelajaran normal. (Giri)