Untoro Terpilih Menjadi Ketua MGMP PAI SMK Tingkat Jateng

Semarang (PAIS)-Guru Pendidikan Agama Islam SMK Negeri 1 Salatiga, Untoro, terpilih sebagai ketua MGMP PAI SMK Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada acara rapat yang dilakukan secara daring dan luring kemarin, Kamis, 1 April 2021.

Pada pemilihan yang diikuti 35 perwakilan dari MGMP PAI SMK se Jawa Tengah pemilik suara sah. pada tahap pencalonan muncul usulan nama-nama calon yaitu untoro (Kota Salatiga), Harsono (Kab. Jepara) dan Mustofa (Kota Semarang). Untoro mampu mengumpulkan 85 % suara, Harsono memperoleh 14 % suara, sedangkan Musthofa mendapatkan 1 % suara dari pemilihan ketua yang dilakukan secara voting dengan memanfaatkan fasilitas google form.

Rapat pemilihan ketua MGMP PAI SMK tingkat jawa tengah sempat tertunda yang seyogyanya diselenggarakan pada desember 2020 yang lalu dikarenakan masih pandemic covid. Panitia akhirnya memutuskan acara dilaksanakan secara daring dan luring untuk menghindari terjadinya pertemuan secara langsung.

Hadir para pengurus domisioner periode sebelumnya diruang rapat Bidang Pendidikan Agama Islam yang menjadi pusat pelaksanaan rapat diantaranya Abas (GPAI SMK N 2 semarang), Harsono (GPAI SMK N 1 Jepara), Kustianah (GPAI SMK N 1 Kedung Jepara), Untoro (GPAI SMKN 1 Salatiga), Aji Nuhantar (GPAI Kyai Ageng Giri Demak), Aswan GPAI SMKN 11 Semarang), Nur Hidayati (GPAI SMKN 2 Semarang), Rojikun (GPAI SMK Pati, Sutrisno (GPAI SMK Karanganyar). Sedangkan peserta rapat dari kabupaten atau kota mengikuti secara virtual melalui zoom meeting.

Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Afifatun, saat memberikan pengarahan pada acara pembukaan menyampaikan agar pemilihan ketua saat ini yang dengan segala keterbatasan karena tidak bisa berkumpul secara langsung dalam satu ruangan Bidang PAI hanya bisa memfasilitasi akses zoom meeting.

“Rapat yang sempat tertunda ini, alhamdulillah hari ini dapat dilaksanakan untuk melakukan reorganisasi meskipun dilaksanakan secara sederhana,” ungkap Afifatun.

“Koneksi zoom meeting yang dipunyai Bidang PAI bisa digunakan untuk kelancaran proses rapat mengingat kegiatannya secara daring,” tambahnya.

Untoro terpilih sebagai ketua MGMP PAI SMK tingkat provinsi jawa tengah untuk periode 2021-2024 kedepan. Dia berharap MGMP PAI bisa memberikan inspirasi bagi guru PAI untuk pendidikan karakter religious islami dan mengkampanyekan Islam moderat agar bisa tertanam pada diri peserta didik.

“Forum MGMP ini harus bisa menjadi kawah candradimukanya guru PAI baik untuk peningkatan kompetensi teman-teman biar tidak kalah dengan guru mapel lain maupun kampanye Islam moderat,”ujarnya. (dsr/rf)