081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Harlah Pancasila 2021: Momentum Memperkokoh Nilai-nilai Pancasila dalam Segala Aspek Kehidupan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 digelar baik secara virtual maupun nonvirtual.  Presiden Joko Widodo memimpin upacara secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (1/6) pagi. Sedangkan Upacara nonvirtual sendiri digelar di Gedung Pancasila Kompleks Kementerian Luar Negeri.

Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kendati Pancasila sendiri sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebagai sebuah ideologi, akan tetapi globalisasi menambah tantangan bagi masyarakat Indonesia dalam meresapi nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh aparat Pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Selamat memperingati hari lahir Pancasila, Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutup Presiden

Peringatan Harlah Pancasila 2021 ini, seluruh ASN Kementerian Agama Kota Magelang mengikuti secara virtual dari kediaman masing-masing dengan mengenakan pakaian adat sesuai dengan instruksi Kepala Kanwil Kemenerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Kebijakan ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan, mengingat pandemi Covid 19 masih menjadi ancaman serius secara nasional.    

Sofia Nur juga menegaskan bahwa menegakkan moral dan integritas merupakan salah satu cara membumikan nilai-nilai Pancasila. Beliau meminta agar ASN di Kementerian Kementerian Agama Kota Magelang menegakkan disiplin, menjaga integritas, serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat semua agama.  Selain itu, beliau dia juga berpesan agar ASN di Kementerian Kementerian Agama Kota Magelang menjadi bagian dari upaya memperkokoh penanaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui tugas dan tanggung jawab masing-masing. (HS).