83 Peserta Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Temanggung Jenjang MA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Komite KSM Tingkat Kabupaten Temanggung yang dibentuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Temanggung. Penyelenggaraan acara ini dipusatkan di MAN Temanggung untuk jenjang MA, Sabtu (21/08).

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ahmad Sugijarto, mengungkapkan bahwa kegiatan rutin tahunan ini tidak hanya terbuka untuk murid madrasah, tetapi juga murid dari sekolah umum. “KSM terbuka untuk semua, baik siswa madrasah maupun sekolah umum. Berdasarkan pantauan melalui portal KSM ada 83 peserta yang lolos verifikasi termasuk sekolah umum favorit di Temanggung ikut KSM jenjang MA,” ujarnya.

Ahmad Sugijarto mengungkapkan bahwa KSM Tingkat Kabupaten Temanggung merupakan kelanjutan dari KSM pada satuan pendidikan maupun Kelompok Kerja Madrasah Tingkat Kecamatan. Pelaksanaan KSM ini akan terbagi dalam tiga jenjang, yaitu madrasah ibtidaiyah (MI) dan sederajat, madrasah tsanawiyah (MTs) dan sederajat, serta madrasah aliyah (MA) dan sederajat.

Bidang studi yang dilombakan untuk jenjang MI/SD adalah Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP adalah Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, dan untuk jenjang MA/SMA adalah Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi.

 “Semua soal kali ini membawa pesan integrasi sains dengan ilmu keislaman. Hal ini bertujuan untuk menghindari dikotomi antara ilmu umum dan ilmu agama (keislaman),” jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir berharap kegiatan KSM tahun ini mampu menghasilkan siswa yang berkualitas sehingga dapat membawa nama harum Kabupaten Temanggung ditingkat provinsi maupun nasional.

“Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung berharap KSM Kabupaten Temanggung menjadi momentum untuk bangkit mencetak prestasi di level nasional yang sudah sekian lama kita impikan. Jadikan KSM kali ini sebagai momentum untuk memacu para guru, kepala madrasah, dan pengawas untuk semakin meningkatkan mengelola pendidikan dan membina murid tidak secara instan, tetapi membutuhkan proses yang panjang dan terus menerus,” ujarnya.

Sementara, Heri Setyo Wibowo pengawas MA / SMA/ SMK selaku Ketua KSM Kabupaten mengaku siap menggelar KSM tahun ini. “Pada prinsipnya saya menyambut baik pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Temanggung tahun ini. Untuk itu, kami akan persiapkan semaksimal mungkin agar para peserta dapat mengikuti secara nyaman,”ujarnya.(sr/bd)